Mengapa Bekas Luka Menghitam? Begini Penjelasannya

0 Komentar

Health – Manusia tidak akan aman dari bekas luka, terlebih di saat kecil di mana kita begitu rapuh dan bebas. Tetapi, bukan berarti kita harus diam begitu saja, saat tubuh ini terluka dan menyisakan luka parut di bagian kulit yang terdampak.

Ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui untuk mencegah agar bekas luka itu tidak meninggalkan tanda, menghitam atau memerah dan membuatnya terlihat jelas dan mempengaruhi kepercayaan diri kamu di depan orang lain.

Menurut dokter kulit Marina Peredo, M.D., kulit yang terluka tidak semestinya terkena paparan sinar matahari yang merusak. Mayoritas orang yang tidak menyadari bahwa paparan sinar UV dapat mengakibatkan bekas luka terlihat menghitam, kata dokter Marina Peredo seperti dikutip dari Men’s Health.

Baca Juga:Ide Menu Buka Puasa Dari Berbagai Penjuru DuniaSepak Terjang Ganjar Paling Unggul, Pantas Memimpin Indonesia

Mengapa Bekas Luka Menghitam? Begini Penjelasannya

Menggelapnya bekas luka itu, jelas Paredo adalah akibat dari perpaduan antara peningkatan produksi kolagen dan inflamasi pada jaringan yang kulit yang sedang dalam proses penyembuhan, menyebabkan kulit disekitar luka menjadi terlihat meggelap.

Jika ingin bekas luka kamu terlihat memudar dengan warna kulit yang kamu miliki, caranya sangatlah mudah.

Selain melembabkannya dengan moisturizer, menutupinya dengan pakaian atau topi, jika  luka di area wajah, dari paraparan sinar matahari juga sangat berperan penting dalam prosesnya.

Penyebab Luka Penderita Diabetes Lama Sembuhnya
Salah satu akibat dari diabetes terhadap tubuh penderitanya, adalah lambatnya proses penyembuhan ketika terjadi luka.

Alasan mengapa luka penderita diabetes sulit sembuh, adalah terkait dengan beberapa faktor. Berikut ini seperti dilansir Healthline:

1. Gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh meningkat, menyebabkan luka sulit sembuh.

2. Masalah saraf juga salah satu penyebabnya. Penderita diabetes dengan kondisi ini kerap tidak menyadari adanya luka, menyebabkan terlambatnya penanganan.

Baca Juga:Doa Saat Bersedih, Dicontohkan Nabi Kepada Ali bin Abi ThalibBerikut Doa Supaya Dagangan Laris Manis dan Diburu Pembeli

3. Buruknya sirkulasi darah juga jadi salah satu penyebabnya. Aliran darah yang terbatas ke area kaki, membuat proses penyembuhan luka terdampak.

4. Mereka yang menderita diabetes juga mengalami defisiensi sistem imunitas, menyebabkan lambannya proses penyembuhan luka.

5. Ketika imunitas terganggu, maka tubuh akan sulit untuk melawan infeksi bakteri, selain juga karena gula darah yang tinggi. Ketika infeksi dibiarkan, dapat menyebabkan luka menjadi lebih serius dan menyebabkan komplikasi. (fin/yni)

0 Komentar