Doa Saat Bersedih, Dicontohkan Nabi Kepada Ali bin Abi Thalib

Doa Saat Bersedih, Dicontohkan Nabi Kepada Ali bin Abi Thalib
Doa Saat Bersedih, Dicontohkan Nabi Kepada Ali bin Abi Thalib. Ilustrasi Foto : pixabay
0 Komentar

Religi – Setiap insan pasti merasakan naik turunnya kehidupan. Ada saatnya mendapat kebahagiaan, seperti bertemu dengan orang yang dicantai, diberikan kesehatan dan diberikan rezeki yang berkah.

Ada saatnya juga manusia diuji dengan hal-hal yang membuatnya bersedih, seperti kehilangan orang yang dicintai, kegagalan dalam menggapai cita-cita, kekurangan finansial dan yang lainnya.

Walaupun kebahagiaan dan kesedihan datang silih berganti, mayoritas manusia lebih bisa menerima hal-hal yang membuatnya bahagia. Sebaliknya, kesedihan yang menimpanya terkadang lebih sulit diterima oleh manusia.

Baca Juga:Berikut Doa Supaya Dagangan Laris Manis dan Diburu PembeliCatat! Resep Makanan Khas Semarang, Bikin Candu

Doa Saat Bersedih, Dicontohkan Nabi Kepada Ali bin Abi Thalib

Pada hakikatnya, hidup ini adalah ujian, tidak ada seorang hamba yang hidup melainkan ia pasti diuji oleh Allah SWT, sebagaimana firman-Nya dalam Q.s. Al-Baqarah [2] ayat 155 :

Kami pasti akan mengujimu dengan sedikit ketakutan dan kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Sampaikanlah (wahai Nabi Muhammad,) kabar gembira kepada orang-orang sabar,

Seringkali, ujian dikaitkan dengan hal-hal yang menyusahkan. Hal itu tidak sepenuhnya salah, hanya saja yang perlu diingat adalah kenikmatan yang diperoleh juga merupakan sebuah ujian. Dalam tafsir Latha`if al-Isyarat, Imam Al-Quasyairi  (w. 465 H) mengatakan:

Allah SWT menguji hambaNya dengan kenikmatan untuk menampakkan rasa syukur mereka, dan dengan kesengsaraan untuk menampakkan kesabaran mereka.

Saat seseorang diberikan cobaan berupa kenikmatan, Allah ingin mengetahui sejauh mana ia dapat bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya.

Ujian seperti ini tidaklah gampang, karena betapa banyak orang yang mendapat kenikmatan namun ia enggan dalam bersyukur.

Dan ketika seseorang diuji dengan kesusahan, Allah ingin mengetahui sejauh mana ia dapat bersabar dalam menyikapinya. Seringkali ujian dalam bentuk ini membuat orang bersedih, hal tersebut wajar. meski kesedihan tersebut juga harus dikontrol supaya tidak berlarut-larut atau bahkan sampai mencela takdir.

Baca Juga:Manjur! Tahapan Skincare Wardah Untuk PemulaSimak! Tips Atasi Bibir Kering Saat Puasa

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya yang dikutip oleh Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki dalam Abwab al-Faraj, diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah mengajarkan sebuah doa kepada Ali bin Abi Thalib yang dapat dibaca ketika sedang diterpa kesedihan.

0 Komentar