Polsub Berusia Delapan Tahun, Dari Diberi Pinjaman Tempat Kuliah Hingga Punya Empat Gedung Megah

Polsub Berusia Delapan Tahun, Dari Diberi Pinjaman Gedung Hingga Punya Empat Gedung Megah
Tampak atas empat gedung Polsub yang berada di Kampus 2 Cibogo.
0 Komentar

SUBANG-Politeknik Negeri Subang (Polsub) telah berusia delapan tahun. Polsub diresmikan 02 April 2014 lalu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Berdirinya Polsub merupakan buah dari MoU antara Pemkab Subang dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud tahun 2011.

Direktur Polsub, Ir Ridwan Baharta MSc menjelaskan sejarah perjalanan sejak berdiri hingga saat ini. Setelah diresmikan dan pengangkatan Direktur Pertama Polsub pada 24 April 2014, belum ada sama sekali gedung maupun fasilitas.

Sehingga Pemkab Subang sesuai Mou meminjamkan gedung kelas sementara di SMA PGRI 2 Subang dan SMA Langlang Buana, pada tahun 2014-2015. Dua sekolah itu untuk kepentingan perkualiahan.

Baca Juga:Menyandang Status Ibu Muda, Dhia Salsabila Sempat Bingung Sambil Urus UsahaBukan Hanya Ceramah Keagamaan, Pesantren Ramadhan SD PIT Bhaskara Bahas Bahaya Kekerasan Hingga Narkoba

“Pemkab Subang juga meminjamkan rumah dinas Ketua DPRD Subang sebagai kantor Direktorat sementara,” ungkapnya dalam acara puncak Dies Natalis ke-8, Kamis (21/4) secara virtual.

Seiring bertambahnya kegiatan, karyawan, serta dosen, sejak akhir tahun 2015 kantor Direktorat Politeknik Negeri Subang berpindah ke gedung Islamic Center.

Polsub awalnya belum memiliki sumber daya manusia sama sekali, mendapat bantuan dari Politeknik Negeri Bandung (Polban), Politeknik Negeri Lampung (Polinela) dan Politeknik Negeri Manufaktur (Polman).

“Tahun 2015 dilakukan MoU dan perjanjian kerja sama dengan beberapa lembaga pemerintah, yaitu dengan Pusat Pengemgangan Teknologi Tepat Guna LIPI dan Balai Latihan Kerja (BLK) Subang, guna membantu proses perkuliahan dan praktik mahasiswa,” paparnya.

Polsub memiliki tiga jurusan yaitu Manajeman Informatik (MI), Agroindustri (AI) dan Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin (TPPM).

Kemudian tahun 2018, sehubungan dengan adanya alih bina dari Akper Pemkab Subang ke Polsub, maka diberikan izin pembukaan prodi Keperawatan di Polsub.

Ridwan mengatakan, saat ini Polsub memiliki dua lokasi kampus. Kampus 1 berada di Ciereng dan Kampus 2 berada di Cibogo. Kampus 1 Ciereng diperuntukkan Direktorat, Prodi D3 Keperawatan,  Perpustakaan, Aula dan lab Bahasa.

Baca Juga:As-Syifa Tebar Manfaat di Bulan Ramadhan, Perkuat Silaturahmi dengan MasyarakatUsung Konsep UFARMS, Renaldi Wakili Polsub di Tingkat Nasional Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 

Kampus 2 Cibogo saat ini sudah dibangun empat gedung. Antara lain gedung Jurusan Manajeman Informatika, Kuliah Bersama, Jurusan  Agroindustri, dan Teknik Mesin

Sementara itu, untuk dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-8 digelar berbagai rangkaian kegiatan. Puncak acara digelar hari ini, Kamis (21/4) secara virtual. Diisi dengan acara sidang senat terbuka, orasi ilmiah dan seminar nasional.

0 Komentar