oleh

Deretan Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Health – Air kelapa dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bukan hanya menyegarkan tubuh saat cuaca panas, air kelapa juga dapat menambah elektrolit dan mineral pada tubuh.

Kemudian, air kelapa juga memiliki kandungan nutrisi seperti antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel tubuh. Bukan hanya itu, masih banyak manfaat air kelapa bagi kesehatan. Yuk simak!

Deretan Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Menghambat Penuaan 

Kabar baik, ternyata air kelapa juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Keistimewaan air kelapa bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda.

Kandungan sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan, dalam air kelapa berguna untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Ini karena kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah).

Itu sebabnya, kelapa disebut sebagai makanan yang bisa menunda penuaan.

Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

Mengatur tekanan darah dan kolesterol

Air kelapa juga baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko serangan jantung serta stroke.

Hal ini disebabkan kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa. Natrium mampu menurunkan kadar gula darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Kemudian, khasiat air kelapa ini berpeluang mencegah terbentuknya penggumpalan darah.

Selain itu, air kelapa juga membantu meningkatkan HDL (kolestrol baik).

Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa dianggap mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Biasanya, air kelapa dipakai untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih dan gangguan ginjal.

Saat kamu diare air kelapa berguna untuk menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Bahkan, osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare.

Hal ini karena di dalam air kelapa ada kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak sehingga membuatnya punya osmolaritas tinggi.

Air kelapa juga mempunyai natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino.

Ini merupakan campuran cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan. (hlsht/yni)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.