oleh

Kondisi TOL Cikampek Terkini, 8 Gerbang Terapkan Ganjil Genap

CIKAMPEK – H-4 jelang Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) mengalami kepadatan volume kendaraan.

Imbas kenaikan volume kendaraan tersebut, sebagian ruas jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) juga mengalami kemacetan panjang.

Terpantau sejak Kamis 28 April 2022 dini hari, hingga pukul 14.00 WIB, kepadatan terjadi di Kilometer 47 Tol Japek.

Kendaraan padar merayap dengan kecepatan rata-rata 40-50 kilometer per jam.

Berdasrkan informasi yang berhasil dihimpun, penumpukan kendaraan, bahkan terjadi di pintu tol Cikampek Utama (GT Cikatama) sampai GT Cipali.

Menyusul naiknya jumlah volume kendaraan, sistem ganjil genap di ruas Jalan Tol Japek juga bakal diberlakukan mulai hari ini.

Setidaknya, ada 8 gerbang Tol Japek yang akan menerapkan ganjil genap, untuk antisipasi kemacetan akibat kenaikan volume kendaraan arus mudik.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya sudah membahas filtrasi guna mengantisipasi lonjakan kendaraan.

“Berdasarkan hasil kordinasi dengan para Dirlantas, Jasamarga, dan Kakorlantas, diputuskan bahwa, filtrasi one way tidak dilaksanakan di tol sebagaimana ujicoba pada tanggal 25-26 April. Tapi akan dilaksanakan filtrasi di gerbang tol,” kata Kombes Sambodo.

Ia menegaskan, itu sebabnya beberapa gerbang tol yang menerapkan gajil genap disiagakan sore hari.

“Jadi ada beberapa gerbang tol yang akan menerapkan gage (ganjil genap) pada saat diberlakukannya one way,” kata dia.

Diketahui, Ganjil genap tersebut akan dilaksanakan pada jam diberlakukan one way atau satu arah. Polisi akan melakukan filtrasi kendaraan mulai hari ini Kamis, 28 April pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. (idr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.