Doa Ziarah Kubur yang Bisa Kamu Panjatkan Beserta Artinya

Doa Ziarah Kubur yang Bisa Kamu Panjatkan Beserta Artinya
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES, Religi – Ziarah kubur adalah salah satu amalan yang mulia dalam agama Islam. Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk berziarah kubur agar kita bisa senantiasa mengingat akan kematian dan juga akhirat.

Berziarah kubur bukan hanya perihal datang dan berkunjung saja, ada juga beberapa doa ziarah kubur yang bisa kamu panjatkan dan kirimkan untuk kerabatmu yang sudah meninggal.

Berikut ini beberapa doa ziarah kubur yang bisa kamu panjatkan lengkap dengan artinya!

Ucapkan Salam

Baca Juga:Sebelum Nonton Dr Strange 2, Pastikan Kamu Sudah Nonton 7 Series dan Film Ini!Libur Lebaran Hari Ketiga, Pantai Pondok Bali di Legonkulon Diserbu Pengunjung

Ketika hendak memasuki area makam, dianjurkan untuk mengucap salam kepada para penduduk makam.

“Assalamu‘alaìkum dara qaumìn mu’mìnîn wa atakum ma tu‘adun ghadan mu’ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun”

Artinya:

“Assalamualaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

Ucapkan Istighfar

Sesudah membaca atau mengucap salam, selanjutnya membaca istigfar.

“Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi”

Artinya:

“Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya.”

Mengirim Doa

Mengirim doa dengan mengawali membaca surah Al-Fatihah yang ditujukan kepada para kerabat yang sudah meninggal atau wafat.

“Bismillāhir-rahmānir-rahīm. Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin. Ar Rahmaanirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. Ihdinash-shirraatal musthaqiim. Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladh-dhaalliin.”

Artinya:

Baca Juga:Anti Macet, Jalur Alternatif Menuju Puncak BogorLebaran Hari ke 3, Masuk ke Pondok Bali Macet

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terlontar. Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang maha pengasih lagi maha penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada-Mu kami menyembah. Hanya kepada-Mu pula kami memohon pertolongan. Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Kau anugerahi nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat. Semoga Kau kabulkan permohonan kami.”

0 Komentar