Tips Kendalikan Batuk Berdahak Pada Anak dengan Obat Herbal

Tips Kendalikan Batuk Berdahak Pada Anak dengan Obat Herbal
Young sick girl (female age 10-11) covered with blanket is coughing.
0 Komentar

Health – Batuk berdahak pada anak tentu menjadikan kecemasan bagi orang tua. Terkadang anak sampai tidak bisa tidur karena batuk berlangsung terus-menerus.

Keadaan tersebut terjadi ketika saluran pernapasan anak mengalami iritasi atau infeksi. Tubuh anak pun menanggapinya dengan menghasilkan lebih banyak lendir atau dahak yang kemudian dikeluarkan melalui batuk.

Penanganan batuk berdahak pada anak bergantung pada penyebabnya. Mayoritas batuk berdahak pada anak disebabkan oleh virus yang sebenarnya tidak membutuhkan pengobatan.

Tetapi, jika penyebabnya bakteri, obat antibiotik dibutuhkan untuk membantu mengatasinya.

Baca Juga:Deretan Khasiat Daun Serai Bantu Atasi Rasa Sakit dan KhawatirJangan Salah, Begini Tips Mencuci Celana Jeans yang Benar

Tips Kendalikan Batuk Berdahak Pada Anak dengan Obat Herbal

Mengonsumsi Madu

Madu adalah salah satu cara untuk mengatasi batuk berdahak pada anak secara alami. Zat yang terkandung di dalamnya diketahui dapat mengatasi batuk.

Sebuah riset telah membuktikan dengan mencoba tiga jenis madu dan terbukti berhasil meredakan batuk. Bukan hanya meredakan batuk, kualitas tidur anak bahkan menjadi lebih baik.

Sebuah riset lain membuktikan bahwa madu lebih baik daripada beberapa zat yang terkandung dalam berbagai obat batuk.

Pemberian setengah sendok teh madu murni sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk berdahak pada anak.

Telungkupkan anak

Cara selanjutnya adalah bisa dilakukan dengan menelungkupkan tubuhnya, terutama jika mereka masih berusia bayi hingga balita.

Cara ini dipercaya dapat membantu mengencerkan dahak secara alami. Saat menelungkupkan anak, jangan lupa untuk menepuk-nepuk punggung mereka secara lembut dan hati-hati.

Usahakan anak untuk berkumur dengan air garam hangat

Cara mengatasi batuk berdahak pada anak dapat dilakukan dengan berkumur air garam hangat. Tetapi, pastikan anak sudah bisa berkumur dengan benar.

Baca Juga:Manfaat Perawatan di Baby SPA yang Harus DiperhatikanMudik Telah Berakhir, KAI Peringatkan Pemudik Dapat Membeli Tiket Alternatif 9-13 Mei 2022

Kamu juga dapat mencontohkan dahulu caranya agar anak tidak menelan air kumur. Cara membuat air garam hangat cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan segelas air hangat dengan 1/2 sdt garam.

Terapi uap

Kamu dapat mencoba terapi uap sendiri di rumah dengan menyiapkan air hangat di dalam baskom dan mencampurkannya dengan minyak kayu putih atau minyak telon secukupnya.

Kemudian, biarkan anak menghirup uap yang keluar dari baskom tersebut. Cara menyembuhkan batuk berdahak pada anak ini dapat membantu melegakan tenggorokannya. (shtq/yni)

0 Komentar