Berikut Daftar 20 Desa di Subang yang Dilintasi Jalan Tol Akses Patimban

Tol Cisumdawu
Tol Cisumdawu
0 Komentar

SUBANG-Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban akan melintasi 20 desa tersebar di 10 kecamatan berada di wilayah Kabupaten Subang sepanjang hampir 37,5 km dengan lebar 20 meter tersebut, saat ini sudah memasuki penetapan lokasi (penlok).

Rencananya Jalan Tol Akses Penghubung Pelabuhan Patimban dengan Kawasan Industri Suryacipta (Subang Smartpolitan) akan menggunakan lahan seluas 340,115 hektar.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Subang Ahmad Suparto mengatakan, rencana pembangunan Jalan Tol Akses Patimban sudah pada tahap penetapan lokasi (peanlok) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sejak awal tahun 2022 ini

Baca Juga:Sate Empal Prapatan Pamanukan Masih Diserbu KonsumenMak Ersah Semringah, Mak Supi Tampak Hepi Rumahnya akan segera Diperbaiki TNI

Dari penlok itu, pembangunan Jalan Tol Akses Patimban akan melintasi dua puluh desa yakni mulai Sawangan, Kosar, Karanghegar, Panyingkiran, Rancamahi, Pasirbungur, Rancabango, Pasirmuncang, dan Mekarsari.

Sementara itu, desa lainnya, yakni Jatibaru, Tanjungrasa, Wanajaya, Mariuk, Gardumukti, Kertajaya, Rancasari, Bongas, Rancahilir, Kotasari, dan Pusakajaya.

“Dua puluh desa tersebut berada di sepuluh wilayah kecamatan,” ucap Ahmad Suparto kepada awak media saat berada di tempat kerjanya, Kabupaten Subang, Rabu (18/5).

Ahmad mengatakan, 10 kecamatan itu, yakni Cipeundeuy, Pabuaran, Purwadadi, Patokbeusi, Cikaum, Ciasem, Tambakdahan, Pamanukan, Pusakanagara dan Pusakajaya.

Jalan tol ini menghubungkan ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 89+125 hingga ruas Pantai Utara Subang sepanjang 37,5 kilometer.

“Pada Jalan Tol Akses Patimban akan ada empat gerbang tol yang terletak di Cipeundeuy, Pasirbungur, Tambakdahan dan Pusakanagara,” ungkapnya.

Ahmad menambahkan, saat ini pihak Appraisal sedang melakukan kajian untuk harga tanah. “Pembebasan tanah belum dilakukan, pihak Appraisal masih melakukan kajian untuk menentukan harga tanah dan Insyaallah pembebasan tanah untuk Jalan Tol Akses Patimban akan dilakukan tahun ini juga,” ujarnya.(ygi/ysp)

Fakta Jalan Tol Akses Patimban

– Panjang 37,5 km dengan lebar 20 meter

– Menggunakan lahan seluas 340,115 hektar

– Jalan tol penghubung antara Patimban dengan Kawasan Industri Suryacipta

– Melintasi 20 desa dan 10 kecamatan

Desa yang Dilantasi Jalan Tol Akses Patimban

Baca Juga:Pileg 2024, PKS Subang Siapkan 50 Kader TerbaikPastikan Realisasi Perbaikan Jalan Husen Kertadibrata

  1. Sawangan
  2. Kosar
  3. Karanghegar
  4. Panyingkiran
  5. Rancamahi
  6. Pasirbungur
  7. Rancabango
  8. Pasirmuncang
  9. Mekarsari.
  10. Jatibaru
  11. Tanjungrasa
  12. Wanajaya
  13. Mariuk
  14. Gardumukti
  15. Kertajaya
  16. Rancasari
  17. Bongas
  18. Rancahilir
  19. Kotasari
  20. Pusakajaya

 

0 Komentar