oleh

Alpukat Buah Beragam Manfaat

RAGAM-Alpukat adalah buah tropis atau sub tropis yang berasal dari Amerika Selatan. Namun, buah ini di budidayakan juga di Indonesia.

Tidak hanya memiliki tekstur unik dan rasa yang enak, alpukat juga memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa. Ada karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah alpukat.

Alpukat juga mengandung nutrisi yang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Buah ini juga memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Kulit
Karena alpukat memiliki kandungan vitamin E dan C yang sudah terbukti baik untuk kesehatan kulit. Alpukat dapat membantu melembabkan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan oleh matahari dan faktor lingkungan kainnya.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Mengkonsumsi alpukat secara rutin bisa membantu mengurangi resiko gangguan penglihatan di usia tua. Karena alpukat mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah katarak dan degenerasi makula.

3. Mengurangi Kolestrol
Mengkonsumsi buah alpukat dapat menurunkan kadar kolestrol. Kolestrol sering kali menjadi penyebab utama penyakit jantung yang merupakan penyakit mematikan di dunia.

4. Menjaga Kepadatan Tulang
Buah alpukat mengandung kalsium tinggi yang bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Karena alpukat memiliki kandungan kalsium, vitamin K dan vitamin D yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

Semakin bertambah usia maka kepadatan tulang semakin berkurang dan menyebabkan terjadinya osteoporosis.

5. Melancarkan Pencernaan
Karena alpukat memiliki serat dan nutrisi penting untuk memaksimalkan fungsi dari organ-organ pencernaan. Buah alpukat bisa mengurangi risiko penumpukan gas maka dari itu, buah alpukat sangat aman untuk lambung.

6. Mencegah Hipertensi
Kandungan mineral dan kalium yang terdapat di buah alpukat bisa mengatur irama detak jantung agar tetap teratur sehingga mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Otak
Otak adalah organ tubuh yang sangat penting dan fungsinya tidak dapat digantikan oleh organ tubuh lain. Jika otak mengalami masalah maka fungsi organ tubuh lainpun akan terganggu.

Untuk menjaga kesehatn otak bisa dilakukan dengan cara perbanyak konsumsi vitamin E. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat ini dapat menjaga kesehatan otak. (cdp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.