Simak, Begini Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Simak, Begini Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak
Simak, Begini Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak
0 Komentar

Health – Mata adalah salah satu bagian tubuh terpenting yang dimiliki oleh anak. Tetapi, di zaman yang serba canggih ini, pemakaian gawai (gadget) yang terlalu sering menjadi suatu masalah yang bisa menyebabkan mata si kecil mengalami kerusakan.

Selaku orangtua, sudah sepantasnya untuk mengetahui cara menjaga kesehatan mata anak.

Cara menjaga kesehatan mata anak

Mengonsumsi makanan sehat dan gizi yang cukup

Baca Juga:Kembali Terjadi Penembakan Serentak di AS, Pelaku Juga TewasTurut Prihatin, Ustaz Adi Hidayat Ikut Doakan Eril dan Menyarankan Hal Berikut

Cara menjaga kesehatan mata anak yang pertama adalah meminta si kecil untuk memakan makanan sehat dan bergizi seimbang secara berkala.

Makanan untuk kesehatan mata anak, di antaranya sayur-mayur hingga buah-buahan. Sebab, kedua makanan ini dapat memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan mata sehingga kesehatannya tetap terjaga dengan optimal.

Kemudian, makanan seperti ikan, telur, gandum utuh, hingga daging ayam, juga dinilai baik untuk kesehatan mata anak.

Lindungi mata anak dari sinar matahari

Ketika kamu mengajak anak untuk bermain di luar rumah, mintalah mereka untuk memakai kacamata hitam anti sinar ultraviolet  (UV) khususnya yang dapat menghalangi 99-100% paparan sinar UVA dan UVB supaya matanya dapat terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ketika masih muda, bagian lensa di depan mata anak dianggap masih sangat jernih sehingga kerusakan yang diakibatkan sinar matahari dapat lebih parah.

Stimulus indra penglihatannya

Dilansir dari Vision Matters, mata anak akan terus berkembang hingga usianya mencapai 8 tahun. Maka, orangtua dianjurkan untuk terus merangsang indra penglihatan mereka untuk menjaga kesehatan matanya

Ada banyak cara untuk merangsang indra penglihatan anak, seperti bermain dengan mainan warna-warni, melihat dirinya di kaca, bermain petak umpet, dan masih banyak lagi.

Bermain di luar rumah

Baca Juga:Rekomendasi Wisata Religi, Berikut 7 Bangunan Khas Islam di IndiaAnti Ribet! Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Tanpa Antre

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam The Jounal of the American Medical Association (JAMA), bermain di luar rumah dapat mencegah timbulnya miopia (rabun jauh) pada anak-anak.

Pastikan kamu ajak anak-anak ke luar rumah supaya mereka dapat mengamati hal-hal di sekelilingnya dan bergerak secara aktif.

Batasi pemakaian handphone yang berlebihan

Dikutip dari Hopkins Medicine, salah satu cara menjaga kesehatan mata anak sekolah yang wajib dilakukan orangtua adalah mengurangi penggunaan handphone yang berlebihan.

0 Komentar