5 Langkah Mencapai Tujuan dan Impian Dengan Menerapkan Konsep Daftar Prioritas

5 Langkah Mencapai Tujuan dan Impian Dengan Menerapkan Konsep Daftar Prioritas
Confident female professional discussing in board room. Group of business colleagues planning together in meeting.
0 Komentar

RAGAM-Sangat penting bagi kita untuk menerapkan berbagai rencana dalam hidup. Kita pun harus lebih teliti dengan mengatur perencanaan yang matang agar rencana tercapai dan tidak mengalami banyak hambatan.

Misalnya dari rencana berlibur, rencana pengembangan diri atau karier, ataupun rencana apa pun yang ingin dicapai.

Sering kali kita bingung harus mulai dari mana atau merasa tidak ada cara untuk meraihnya. Terkadang kita menyerah dan pada akhirnya memilih rencana lain.

Baca Juga:Rampas Kendaraan Konsumen di Jalan, ‘Mata Elang’ Semakin MeresahkanKesejahteraan Petugas Dishub di Kabupaten Karawang Masih Rendah

5 Langkah Mencapai Tujuan dan Impian Dengan Menerapkan Konsep Daftar Prioritas

1. Kesesuaian Tujuan dan Jenisnya

Sebelum beranjak pada apa yang harus dilakukan, terlebih dahulu kita harus pastikan kematangan dari rencana yang ingin kita wujudkan.

Penting pula untuk kita mengetahui jenis goals seperti apa yang kita maksud, bisa jadi rencanamu adalah rencana dalam jangka panjang ataupun jangka pendek.

2. Menetapkan Budget dan Kriteria yang Dibutuhkan

Selanjutnya, jika kita sudah tahu kemampuan kita dalam merealisasikan rencana tersebut, maka langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan secara sistematis, step by step dengan melampirkan modal atau budget.

Modal bisa berupa materi atau apapun yang mendukung kematangan konsep dan rencana.

Buatlah daftar modal terpisah atau kriteria apa saja yang harus dicapai. Hal ini untuk memudahkan kita fokus pada hal apa yang akan diraih setiap harinya.

Misalnya jika ingin mengembangkan karir buatlah daftar kriteria atau skill yang perlu kita pelajari lebih dalam. Modalnya adalah investasi pengetahuan terkait bidang yang akan kita ambil.

3. Menantang Konsep dengan Daftar Prioritas

Baca Juga:Anggota DPRD Subang Berharap Realisasi Serapan Anggaran Infrastruktur Dapat DimaksimalkanGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Kembali Berkantor Pada Hari Ini

Tujuan yang ingin diwujudkan akan berhasil dengan memantapkan konsep. Buatlah 2 konsep besar baik secara umum maupun konsep yang lebih mendetail.

Konsep umum berkaitan dengan tujuan, pilihan-pilihan yang harus diambil, serta alasan untuk menunjukan pencapaian yang mungkin akan lebih dari satu pencapaian.

Sedangkan konsep detail mencakup apa yang harus dikerjakan. Buatlah daftar yang harus dilakukan step by step serta buat catatan prioritas.

Kita bisa menandai dengan tanda bintang ataupun apapun untuk mengingatkan prioritas yang harus didahulukan, berikan pula catatan alasannya secara singkat.

0 Komentar