Ternyata Begini 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Penyebabnya!

Ternyata Begini 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Penyebabnya!
Foto: RODNAE Productions/Pexels
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES-Laptop yang sudah tidak menunjukkan performa terbaiknya bisa dikarenakan oleh berbagai faktor seperti usia, maupun cara penggunaannya sudah melewati batas maksimum. Beberapa kendala umum yang terjadi ketika membuka suatu aplikasi, akan melambat bahkan tidak jarang laptop mengalami lag atau freeze.

Pada artikel ini, telah dirangkum cara mengatasi laptop lemot agar performanya bisa kembali normal lagi dan mempermudah pekerjaan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Saat baru memiliki laptop, kadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, apabila terlalu banyak menginstal aplikasi, kapasitas penyimpanan Drive C akan jadi penuh dan membuat sistem terlalu lama membaca hard disk.

Baca Juga:Berbagai Tanggapan Mengenai Kenaikan Harga Tiket Masuk Ke Candi Borobudur : Terlalu Berbau KomersialisasiErnest Prakasa Dihujat Usai Komentari Soal Formula E, Begini Isi Cuitannya yang Dihapus

Efek jangka panjangnya, tentu saja akan menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Cara mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak aplikasi bisa dilakukan dengan uninstal beberapa aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan.

Coba seleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai. Kamu bisa cek juga aplikasi yang tidak sengaja terinstall ketika sedang melakukan browsing, lalu ketika melakukan download konten dari website tertentu, atau pada saat melakukan install

Pakai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja, karena sangat sayang jika sampai memori penuh karena aplikasi yang sering menganggur. Ini merupakan cara agar laptop tidak lemot yang cukup mudah, karena Anda tidak perlu menggunakan software atau teknik khusus.

Malah kamu justru mengurangi beban memori laptop dengan menghapus aplikasi dan software yang tidak diperlukan, yang menyebabkan Laptop menurun kinerjanya.

2. Pakai Antivirus

Salah satu alasan klasik kenapa perangkat laptop menjadi lemot adalah karena terkena virus atau malware. Layaknya manusia, laptop juga bisa terkena penyakit yang berakibat pada menurunnya performa laptop.

Nah agar laptop tidak lemot karena serangan virus, kamu bisa pasang antivirus terbaik untuk menghilangkan segala macam virus. Dan pastikan untuk selalu mengeceknya secara rutin.Selain itu, selalu update antivirus itu agar berbagai macam virus dapat terbaca dengan antivirus yang sudah diinstal.

3. Pakai Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Sebelum membeli, pemilik laptop sudah harus tahu spesifikasi dari laptop tersebut. Hal ini akan membantu pemilik untuk menilai apakah aplikasi yang ingin dimasukkan ke dalam laptop sudah sesuai dengan spesifikasinya atau tidak.

0 Komentar