Ternyata Begini 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Penyebabnya!

Ternyata Begini 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Penyebabnya!
Foto: RODNAE Productions/Pexels
0 Komentar

Contohnya, kita menginstall game berat favorit padahal spesifikasi prosesor dan RAM tidak memadai. Apabila tetap memaksa memasang aplikasi itu di laptop, maka jangan heran suatu saat laptop akan menjadi lemot.

Solusinya, jangan memaksakan kemampuan laptop. Pilihlah aplikasi alternatif atau yang spesifikasinya lebih rendah, sebagai salah satu cara membuat laptop tidak lemot.

Dengan spesifikasi yang tepat dan sesuai, maka kamu bisa mengatasi laptop lemot, dan membuat performanya semakin baik dan terawat.

4. Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Baca Juga:Berbagai Tanggapan Mengenai Kenaikan Harga Tiket Masuk Ke Candi Borobudur : Terlalu Berbau KomersialisasiErnest Prakasa Dihujat Usai Komentari Soal Formula E, Begini Isi Cuitannya yang Dihapus

Memaksakan kinerja RAM dengan menyalakan aplikasi secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Sebagai contoh, ketika kita sedang bermain game, kita sering ikut membuka aplikasi pemutar musik secara bersamaan.

Padahal, pemrosesan game saja sudah berat, tapi masih ditambah dengan pemutar musik. Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop kamu.

Menaruh banyak aplikasi di desktop juga bisa menjadi penyebab lain kenapa laptop kamu menjadi pelan. Bila Anda menggunakan laptop dengan spesifikasi besar, maka hal ini tidak akan menjadi masalah.

Tetapi terkadang kita menaruh terlalu banyak aplikasi pada desktop menyebabkan laptop lemot dalam merespon perintah dari user.

Selain itu awasi juga aplikasi yang berjalan ketika laptop sedang dalam aktivitas startup. Walau aplikasi yang berjalan saat laptop startup adalah aplikasi penting, seperti antivirus.

Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika laptop startup, karena ini akan menjadi penyebab laptop lemot. Sebab aplikasi tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

6. Tambah Kapasitas RAM

Cara mengatasi laptop lemot lainnya ada pada penambahan RAM. Awal, pada saat membeli laptop terkadang Kita membeli laptop yang lebih murah dengan RAM lebih rendah, misal 4 GB.

Baca Juga:Rampas Kendaraan Konsumen di Jalan, ‘Mata Elang’ Semakin MeresahkanKesejahteraan Petugas Dishub di Kabupaten Karawang Masih Rendah

Padahal kamu ingin memiliki laptop yang lebih gegas. Penambahan kapasitas RAM 8 GB atau RAM 16 GB bisa disiasati setelah kamu memiliki kocek lebih.

0 Komentar