Ternyata Begini 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Penyebabnya!

Ternyata Begini 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot dan Penyebabnya!
Foto: RODNAE Productions/Pexels
0 Komentar

Cara membuat laptop tidak lemot ini dijamin ampuh, karena akan membantu proses booting jauh lebih cepat dan membuat laptop menjadi lebih rensponsif.

Memang, harus diakui kalau harga SSD cukup mahal, tapi jika kamu ingin laptop menjadi tidak lemot, cara ini sangat bisa dipertimbangkan.

11. Pakai Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

Ada banyak cara mengatasi laptop lemot. Salah satunya, si pemakai tidak optimal dalam menggunakan laptopnya. Salah satu solusinya adalah kamu bisa menginstall software khusus yang berfungsi mendukung kinerja laptop agar menjadi lebih cepat.

Baca Juga:Berbagai Tanggapan Mengenai Kenaikan Harga Tiket Masuk Ke Candi Borobudur : Terlalu Berbau KomersialisasiErnest Prakasa Dihujat Usai Komentari Soal Formula E, Begini Isi Cuitannya yang Dihapus

Ada banyak aplikasi dengan fungsi ini, sebut saja CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advenced System Optimizer, dan lainnya. Tinggal pilih mana yang menurut kamu sesuai.

12. Atasi Laptop Lemot dengan Disk Deframent Tools

Cara yang satu ini mungkin jarang diketahui oleh beberapa pengguna laptop dan PC. Apalagi ketika mengalami masalah laptop lemot dan lelet.

Semakin banyak aplikasi yang kamu miliki dalam pc dan laptop kamu, semakin lemot pc dan laptop kamu dalam bekerja. Kamu bisa memanfaatkan tool Disk Defragment yang terdapat pada control panel.

Melalui tahapan analyze dan juga optimize file kamu akan tertata sedemikian rupa, dan kamu bisa mengetahui berapa banyak file junk atau file sampah yang membuat lemot laptop dan PC kesayangan Anda.

13. Lakukan Pembersihan Drive C

Layaknya manusia, jika laptop sudah berusia tua, biasanya di atas 3 tahun, kinerjanya pasti akan menurun. Untuk itu, salah satu solusinya adalah melakukan pembersihan drive C.

Lakukan juga uninstall untuk semua program dan juga aplikasi yang dianggap memberatkan kinerja laptop untuk meningkatkan kinerjanya. Cara membuat laptop tidak lemot ini termasuk salah satu yang paling mudah dan pada umumnya berhasil.

Nah itulah tadi deretan cara untuk mengatasi laptop lemot. Namun perlu diingat, cara-cara tersebut tidak selalu 100 persen berhasil. Walau begitu, setidaknya dapat mengurangi kendala yang dihadapi terkait performa laptop yang menjadi lemot.

Baca Juga:Rampas Kendaraan Konsumen di Jalan, ‘Mata Elang’ Semakin MeresahkanKesejahteraan Petugas Dishub di Kabupaten Karawang Masih Rendah

Penyebab Laptop Lemot

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan performa laptop menjadi lemot, dan umumnya, masalah-masalah berikut yang menjadi penyebab utamanya.

0 Komentar