15 Hektare Lahan di Ciasem Terkena Pembebasan Tol, Tim Belum Tentukan Harga

15 Hektare Lahan di Ciasem Terkena Pembebasan Tol, Tim Belum Tentukan Harga
0 Komentar

SUBANG-Rencana pembangunan Akses Tol Patimban-Cipeundeuy bakal menggerus sekitar 340 ha lahan tanah sawah maupun tanah darat.  Jalan Tol sepanjang 37 KM itu  akan menghubungkan Pelabuhan Internasional Patimban-Cipeundeuy, melintasi 20 desa di 10 Kecamatan di wilayah Pantura Subang dan Subang bagian barat.

Salah satu desa yang terkena dampak dari pembangunan itu yakni Desa Jatibaru di Kecamatan Ciasem.

Menurut Camat Ciasem Eza Zaithon, di wilayahnya hanya ada  satu desa yang bakal tergerus Tol Patimban-Cipeundeuy  yaitu Desa Jatibaru, dengan luas  area sekitar 15 hektar. Dari luas area tersebut jumlah kepemilikan lahan sekitar 60 orang.

Baca Juga:Mantan Sekda Bebas Dari Penjara, Aminudin Pilih Garap Sawah Nafkahi KeluargaProgram Padat Karya Tunai Entaskan Kemiskinan

Dari 60 orang pemilik lahan itu, kata Eza, tidak semunya warga Desa Jatibaru, pemilik lahan itu sebagian besar malah warga dari luar Desa Jatibaru.

Oleh karena itu, pihaknya telah mensosialisasikan terkait rencana pembangunan Tol Patimban tersebut kepada warga pemilik lahan bersama Tim Satgas pembebasan lahan dari unsur BPN, PUPR, pertanian dan dinas terkait lainnya.

“Ya kita sudah sosialisasikan terkait pembangunan akses tol Patiimban tersebut kepada warga pemilik lahan yang bakal tergerus,” kata Eza.

Soal harga pembebasan lahan, saat ini tim belum menentukan  harganya karena nanti  oleh tim independent Apraisal. Pihaknya saat ini baru sosialisasi dan inventarisir surat-surat kepemilikan lahan berupa SPPT maupun sertifikat , sehingga bisa dipastikan berapa luas areanya dan jumlah pemiliknya sesuai data kepemilikan tadi.

“Belum ke tahap harga pembebasannya, baru inventarisir surat kepemilikan saja,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Jalan Tol Akses Penghubung Pelabuhan Patimban dengan Kawasan Industri Suryacipta (Subang Smartpolitan) akan menggunakan lahan seluas 340,115 hektar.

Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban akan melintasi dua puluh desa yakni mulai Sawangan, Kosar, Karanghegar, Panyingkiran, Rancamahi, Pasirbungur, Rancabango, Pasirmuncang, dan Mekarsari.

Baca Juga:IPM Purwakarta Capai 70,98 PoinJelajah Ekowisata Kearifan Budaya Lokal di Kampung Banceuy

Desa lainnya, yakni Jatibaru, Tanjungrasa, Wanajaya, Mariuk, Gardumukti, Kertajaya, Rancasari, Bongas, Rancahilir, Kotasari, dan Pusakajaya.

Sementara itu, 10 kecamatan yang dilewati, yakni Cipeundeuy, Pabuaran, Purwadadi, Patokbeusi, Cikaum, Ciasem, Tambakdahan, Pamanukan, Pusakanagara dan Pusakajaya.

Jalan tol ini menghubungkan ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 89+125 hingga ruas Pantai Utara Subang sepanjang 37,5 kilometer.(dan/ysp)

0 Komentar