Dinas Kesehatan Kabupaten Subang Ajukan Kembali Anggaran Pembangunan RS Pantura

Editor:

SUBANG-Kesehatan merupakan layanan dasar yang harus diberikan oleh pemerintah terhadap masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan tersebut yakni rumah sakit.

Di Subang jumlah sakit masih terbatas, termasuk di Pantura. Masyarakat di sana menginginkan dibangunkan rumah sakit. Mereka harus jauh ke Subang mendapatkan layanan rumah sakit dari pemerintah, yakni RSUD Subang.

Pembangunan rumah sakit di pantura sebetulnya sudah masuk perencanaan pemda, namun terhambat karena pandemi Covid-19. Dinas Kesehatan Kabupaten Subang sudah mengusulkan kembali pengajuan dana kepada Provinsi Jawa Barat guna pembangunan fasilitas kesehatan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr Maxi mengakui, masih banyak masyarakat yang mengeluhkan keberadaan fasilitas rumah sakit.”Betul rumah sakit di Subang masih terbatas,” ungkapya kepada Pasundan Ekspres.

Lahan untuk pembangunan rumah sakit di Pantura sudah tersedia. Hanya saja anggaran untuk membangun tersebut tidak ada. Pada akhirnya Pemda Subang mengajukan bantuan keuangan ke Pemprov Jabar.

“Rumah sakit umum daerah di Pantura tipe D, kami terkenda untuk anggarannya,” ujarnya.

Tahun 2021 lalu, Pemda Subang mengajukan bantuan ke provinsi sebesar Rp73 miliar. Bantuan tersebut tidak terealisasi karena ada refocussing anggaran.

Tak menyerah begitu saja, Pemda Subang kembali mengajukan bantuan anggaran Rp50 miliar di tahun 2022. “Kini kami mengajukan kembali,” ujarnya.

Dokter Maxi berharap ajuan untuk pembangunan rumah sakit itu dapat teralisasi. Sehingga warga Pantura mendapat pelayanan kesehatan dari pemerintah secara maksimal.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Mohamad Arif mengatakan, ada 11 rumah sakit di Subang. Dari jumlah itu mayoritas rumah sakit swasta.(ygo/ysp)

Daftar Rumah Sakit di Subang

  1. RSUD Subang
  2. Rumah Sakit Ibu dan Anak Graha Mutiara
  3. RSAU dr. Hoediyono Lanud Suryadarma Kalijati
  4. Rumah Sakit Kharisma
  5. Rumah Sakit umum H Syaiful Anwar Pagaden
  6. Rumah Sakit Mutiara Hati Pagaden
  7. Rumah Sakit PMCPamanukan
  8. Rumah Sakit PTPN VIII ( PTPN ) Subang
  9. Rumah Sakit Indosehat ( Swasta ) Cipendeuy
  10. Rumah Sakit Rayhan
  11. Rumah Sakit Hamori

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.