Tips Bahagia, Cara Hilangkan Pikiran Negatif dan Cemas

Tips Bahagia, Cara Hilangkan Pikiran Negatif dan Cemas
Tips Bahagia, Cara Hilangkan Pikiran Negatif dan Cemas
0 Komentar

Ragam – Kamu pastinya pernah merasakan perasaan negatif bukan? Misalnya mencemaskan masa depan atau mengingat-ngingat hal yang kurang enak di dalam hidup. Jika sudah merasakan energi negatif sebaiknya kamu harus segera menghilangkannya agar tidak memperburuk keadaan.

Memelihara rasa negatif sagatlah melelahkan, membuat tidak fokus dan sulit menikmati suasana yang menyenangkan.

Tetapi jangan takut, dengan latihan dan pengelolaan diri yang baik, kamu dapat mengetahui cara menghilangkan pikiran negatif sehingga dapat memberikan kebahagiaan dan kenyamanan untuk aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa tips nya yang telah dilansir dari orami.co.id

Tips Bahagia, Cara Hilangkan Pikiran Negatif dan Cemas

Tuliskan pikiran negatif

Baca Juga:5 Peluang Kerja Lulusan Administrasi Bisnis, Kamu Mau Coba yang Mana?Dendam Lama, Motif Pelaku Pengeroyokan Paman dan Keponakan

Jika kamu mulai merasakan pikiran negatif, coba tuliskan pikiran tersebut lalu membuangnya. Mungkin terlihat seperti konyol namun kegiatan tersebut dapat membuat perbedaan besar dan salah satu cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain.

“Sebagian besar dari kita membiarkan pikiran negatif tersebut terjadi dan menerimanya tanpa repot-repot percaya bahwa kita bisa untuk mengubahnya,” kata psikologis Deborah E. Dyer, Ph.D mengutip Bustle.

“Ketika mendengar suara negatif, segera tulis. Ini sebagai dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang dikatakan pada diri sendiri dan hal yang dirasakan,” saran Deborah.

Berhenti melakukan penilaian

Setiap orang pasti melakukan penilaian terhadap orang lain, kemudian membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau membandingkan hidup dengan rasa tidak puas.

Cobalah untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain, setidaknya hal tersebut akan membuat kamu merasa lebih tenang.

Patricia Halterneck, PhD, MBA, psikolog senior, menjelaskan beberapa cara untuk bisa membuat seseorang berhenti melakukan penilaian dan menghakimi diri sendiri.

“Beristirahatlah dari pemikiran yang menghakimi, termasuk mengenali reaksi sendiri, mengamatinya, dan kemudian melepaskannya,” saran Patricia mengutip Psychology Today.

Baca Juga:Perdes jadi Payung Hukum Pemanfaatan Aset DesaSering Dikeluhkan Warga, Pemkot Anggarkan Rp16 Miliar untuk PJU LED

Cara lain untuk menghilangkan pikiran negatif adalah kamu juga dapat membuat penilaian yang positif dalam diri sendiri, terhadap orang lain atau ketika berada dalam sebuah situasi.

Ingat pada kekuatan

Mayoritas orang lebih memilih untuk memikirkan hal negatif dan mengabaikan hal positif.

0 Komentar