Tips Lakukan Olahraga yang Benar, Agar Efektif!

Tips Lakukan Olahraga yang Benar, Agar Efektif!
Tips Lakukan Olahraga yang Benar, Agar Efektif!
0 Komentar

Olahraga – Seperti yang kita tahu, olahraga adalah aktivitas yang baik untuk kesehatan. Namun, apakah kita cukup melakukan olahraga saja? Tentu tidak.

Jika kamu olahraga tanpa adanya aturan hal tersebut adalah percuma karena tidak akan memberikan efek yang baik bagi tubuh.

Jika ingin sehat, berolahraga lah dengan cara yang baik, benar, dan beraturan. Apa kamu tau cara melakukan olahraga yang benar? Jika belum tahu, disini akan dibahas bagaimana cara melakukan olahraga yang baik dan benar.

Baca Juga:Gay Dominasi Penularan Virus HIV/AIDS, 63 Persen Sasar Laki-LakiMisi Srikandi Lodaya Lestarikan Tari Tradisional

Berikut beberapa cara melakukan olahraga yang benar

  • Lakukan olahraga sesuai tujuan kamu

Cara yang pertama adalah pikirkan apa tujuan kamu berolahraga. Sebelum melakukan aktivitas olahraga, alangkah baiknya pikirkan apa tujuan kamu berolahraga.

Alasan seseorang melakukan olahraga tentu banyak tujuan, ada yang bertujuan menurunkan berat badan, mempercantik bagian anggota tubuh tertentu.

Namun, jika kamu memiliki tubuh yang gampang lelah mungkin olahraga berlari bisa menjadi pilihan kamu

  • Tidak terlalu sering berolahraga

Cara yang kedua adalah tidak sering melakukan olahraga. Olahraga memang baik untuk kesehatan, tetapi jika berturut turut berolahraga akan membuat tubuh kamu menjadi kelelahan karena terus melakukan olahraga melewati batas kemampuannya.

Jadi baiknya diberi jeda atau diberi waktu untuk beristirahat. Jika anda memiliki rencana melakukan olahraga 3 kali dalam seminggu, maka beri jarak waktu untuk beristirahat, sebagai contoh hari ini berolahraga besok untuk beristirahat.

  • Melakukan pemanasan sebelum olahraga

Cara yang ketiga adalah melakukan pemanasan sebelum olahraga. Mengapa pemanasan baik dilakukan sebelum olahraga? Karena  pemanasan bisa membuat otot lentur dan mengurangi resiko cedera

  • Melakukan pendinginan setelah olahraga

Cara yang ke empat adalah melakukan pendinginan setelah berolahraga, jadi setelah melakukan olahraga tidak baik langsung duduk apalagi rebahan.

Baca Juga:Meriahkan HUT Karawang, 389 Penari Jaipong Goyang KarawangRibuan Siswa SD Ikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer

Jadi, baiknya setelah olahraga segera melakukan pendinginan selama otot kamu masih panas.

Setelah otot sudah mulai terasa sangat lakukan jalan kaki selama beberapa menit untuk menurunkan detak jantung kembali normal.

  • Melakukan olahraga di waktu yang tepat

Cara yang kelima adalah memilih waktu yang tepat, seperti melakukan olahraga di pagi hari, waktu pagi adalah waktu yang sangat baik untuk berolahraga karena lebih sejuk dan belum begitu banyak polusi.

0 Komentar