Sejarah Hari Guru Nasional Ditetapkan 25 November, Ternyata dari Sejak 1912 Zamannya Hindia Belanda

Sejarah Hari Guru Nasional
Sejarah Hari Guru Nasional
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Sejarah Hari Guru Nasional diperingati untuk memberikan penghargaan terhadap guru-guru di Indonesia yang telah mengabdikan diri mendidik generasi muda.

Sejarah Hari Guru Nasional  Penetapan 25 November sebagai Hari Guru Nasional juga memiliki sejarah panjang.

Tahun ini PGRI telah mencapai usia 77 tahun. HUT Ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional 2022 (HGN 2022) akan diadakan pada hari Jumat, 25 November nanti.

Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 menetapkan Hari Guru Nasional pada 25 November.

Baca Juga:25 Qoutes Hari Guru Nasional Tahun 2022, Bagus untuk Status WA6 Cara Menjaga Kesahatan Tubuh Agar Terhindar Dari Penyakit

Kebijakan ini adalah hasil dari musyawarah Persatuan Guru Republik Indonesia, yang dahulu bernama Persatuan Guru Hindia Belanda.

Organisasi tersebut dibentuk tahun 1912, dan berubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun 1932. Kemudian setelah kemerdekaan, PGRI menggelar kongres pertamanya.

Kongres tersebut dipimpin para tokoh pendidik seperti Amin Singgih, Rh. Koesnan dan kawan-kawannya dan berlangsung selama dua hari.

Sejarah Hari Guru Nasional dari kongres di Surakarta

Kongres Guru Indonesia digelar pada 24-25 November 1945 di Surakarta. Selain mendesak tanggal 25 November ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional, dalam pertemuan iut juga disepakati tiga tujuan PGRI, yaitu:

Pertama, adalah mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia.

Kedua, mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan. Ketiga, membela hak dan nasib buruh umumnya, guru pada khususnya.

Dari kongres tersebut melahirkan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sejak saat itu PGRI lahir sebagai wadah perjuangan kaum Guru untuk turut serta menegakkan dan mempertahankan serta mengisi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka.

PGRI merupakan organisasi pelopor dan pejuang. Tujuan ini tegas mengacu kepada pola dan tata kehidupan bangsa berdasarkan UUD 1945 tidak terlepas dari jiwa dan semangat Proklamasi Kemerdekaan.

Baca Juga:Kisah Jembatan Kali Sewo, Cerita Ronggeng dan Perjanjiannya dengan Buaya PutihInilah Fakta-fakta soal pembukaan Piala Dunia 2022 yang Harus Kamu Ketahui

Maka, sebagai penghormatan kepada para guru, pemerintah  Republik Indonesia dengan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan hari lahir PGRI tersebut sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati setiap tanggal 25 November tiap tahunnya.

Tema Hari Guru Nasional tahun 2022

Tema Hari Guru Nasional tahun 2022 ini adalah “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Kemdikbud telah mengimbau melalui Surat Edaran terbarunya untuk mempersiapkan beberapa hal guna memperingati Hari Guru Nasional 2022. Surat Edaran Kemdikbud dengan Nomor 69583/MPK.A/TU.02.03/2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2022 yang dirilis pada hari Rabu, 16 November 2022.

0 Komentar