Kamu Harus Tahu, Sistem Bayar TOL Tanpa Sentuh akan Berlaku Mulai Akhir Tahun, Begini Caranya!

Bayar Tol tanpa sentu
Trik Mudah Bayar Tol Lewat Aplikasi di HP! Tanpa Berhenti Tanpa Buka Kaca Mobil (dok. JASA MARGA)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Bayar TOL tanpa sentuh akan mulai diberlakukan mulai akhir tahun ini.

Bayar TOL tanpa sentuh yang sedang disiapkan Kementrian Pekerjaan Umum (PUPR) mengandalkan teknologi Global Positioning System (GPS), dan berbasis tiket.

Cara pertama memanfaatkan aplikasi Electronic on board unit (E-OBU) pada setiap ponsel pengendara untuk bayar TOL tanpa sentuh.

Nantinya E-OBU bekerja terintegrasi dengan sistem pembayaran berbasis GPS.

Baca Juga:Terbaru Mulai 5 Desember 2022, Inilah Jadwal Liga 1 Setelah Diberhentikan Pasca Tragedi KanjuruhanFasilitas Komplit, Terminal Wisata Grafika Tempat yang Tepat Untuk Liburan Keluarga, Instansi dan Sekolah

Cara Bayar TOL Tanpa Sentuh

Cara tersebut drekomendasikan bagi pengguna yang jarang mengganti kendaraan dan menggunakan ponse pintar.

Sebelu pengguna dapat menggunakan, pengguna harus lebih dahulu mendaftarkan dataq kendaraan serta data pribadi ke sistem lewat aplikasi MLFF (Multi Lane Free Flow) yang bisa diunuh secara langsung (aplikasi MLFF).

Setelah itu, pengguna dapat memilih metode pembayaran yang tersedia. Diperlukan proses registrasi sebelum pengguna dapat menggunakan E-OBU.

Nantinya, E-OBU akan bekerja dengan cara mengirim sinyal GPS ke MLFF pusat. GPS tersebut akan mendeteksi lokasi kendaraan dan memotong saldo secara otomatis.

Cara kedua mirip E-OBU, yaitu OBU. Bedanya, OBU adalah perangkat yang ditempel di kendaraan. OBU berfungsi sama seperti E-OBU, yakni mencatat penggunaan jalan tol berdasarkan GPS.

Cara terakhir adalah Electronic Route Ticket. Metode ini direkomendasikan untuk yang tak rutin menggunakan tol.

Tiket elektronik ini dapat dibeli pengguna di situs resmi atau aplikasi MLFF sebelum bepergian dengan memilih titik masuk dan titik keluar tol.

Baca Juga:Free Link Nonton Romantic Killer Season 1 Full Episode, Serial Anime Netflix Tentang Seorang Gamer Dibawa Penyihir, Kocak Parah!Pinkan Mambo Niat Cari Sensasi Berujung Malu Sendiri, Nangis Kejer Minta Maaf

E-Tol Tidak Berlaku Cara bayar TOL Tanpa Sentuh

Sistem bayar tol tanpa sentuh rencananya akan diberlakukan akhir tahun ini. Jika sudah diterapkan, pengguna tak perlu lagi berhenti di gerbang tol untuk membayar. Konsep tersebut disebut dengan intelligent toll road system (ITRS).

“Mulai akhir tahun ini, kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi on board unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti dulu untuk tapping e-money,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR, Danang Parikesit dalam Webinar Infrastruktur untuk Indonesia pada Rabu (2/3).

0 Komentar