Cara Kerja Mesin Diesel, Mampu Hasilkan Torsi Lebih Besar dengan Biaya Perawatan Murah

Cara kerja mesin diesel
Cara kerja mesin diesel
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Bagaimana cara kerja mesin diesel? Ada 4 tahapan kerja dari mesin ini yang sederhana dan perlu diketahui.

Eropa dan Amerika, mobil dengan tenaga mesin diesel sudah banyak ditemukan, sehingga mereka paham dengan cara kerja mesin diesel.

Namun, di Indonesia sendiri belum terlalu banyak, biasanya kendaraan yang menggunakan mesin diesel adalah jenis truk, SUV, dan MVP.

Baca Juga:Nonton Film Big 4, Film Indonesia Terbaru Bergenre Komedi-Aksi Dibintangi Putri Marino Berkisah Detektif Selidiki Kematian Sang AyahLink Nonton Film Troll 2022 Sub Indo, Petualangan Mahluk Mitologi Norwegia Berwujud Raksasa

Diesel mampu menghasilkan torsi yang lebih besar, daripada kendaraan bermesin bensin cara kerjanya sangat berbeda.

Fase Hisap

Fase ini adalah dengan masuknya udara ke dalam ruang bakar yang melalui bagian katup.

Pada fase ini, piston bergerak dari TDC (Top Dead Center) ke BDC (Bottom Dead Center) untuk menghasilkan pembesaran volume pada ruang silinder.

Selain itu, fase ini juga berperan untuk menghisap udara luar ke dalam ruang silinder tanpa menggunakan bahan bakar.

Fase Kompresi

Fase ini adalah fase berikutnya setelah fase hisap, jadi setelah udara dari luar telah terkumpul dalam ruang silinder pada fase hisap, maka BDC (Bottom Dead Center) dan ruang silinder akan menyimpan udara tersebut, kemudian piston akan mulai melakukan kompresi udara hingga tekanan dan suhunya menjadi cukup tinggi.

Masuk ke Proses Kerja

Udara yang telah terkompresi biasanya mencapai suhu 5.500 derajat celcius, sedangkan titik didih bahan bakar diesel berada di suhu 3.00 derajat celcius.

Setelah udara terkompresi dan mencapai suhu tersebut, cara kerja mesin diesel yang berikutnya adalah komponen injektor akan mulai menyemprotkan bahan bakar diesel untuk menggerakkan mesin mobil.

Baca Juga:Link Nonton Film dan Sinopsis Shutter Island, Film Terbaik Sepanjang MassaCara Dapat Elite Pass FF Desember 2022 Gratis, Jangan Sampai Ketinggalan Eventnya!

Pembuangan

Hasil pembakaran yang telah terbentuk dari gas kemudian akan mengalir ke dalam ruang silinder.

Dalam fase ini, posisi BDC (Bottom Dead Center) ke TDC (Top Dead Center) berperan untuk mendorong gas agar keluar melalui katup exhaust hingga menjadi tenaga gerak.

Itulah tadi empat fase utama pada prinsip kerja mesin diesel yang perlu Anda ketahui.

Setelah memahami fase-fase tersebut, Anda bisa menjadikan mobil dengan mesin diesel sebagai pilihan berkendara karena berbagai keuntungan.

Salah satunya adalah irit bahan bakar, karena mesin diesel tidak menggunakan komponen busi yang menjadikan penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien dan perawatan yang tidak rumit.

0 Komentar