Mengenal Lebih Dekat, Asal-usul Kota Subang Dijuluki Kota Nanas

Mengenal Lebih Dekat, Asal-usul Kota Subang Dijuluki Kota Nanas
Asal-usul Kota Subang Dijuluki Kota Nanas. Sumber Foto : Instagram @explorejalancagaksubang
0 Komentar

Pasundan Ekspres Kota Subang atau sering juga disebut kota nanas. Hal tersebut dikarenakan Kota Subang adalah wilayah dengan penghasil buah nanas terbaik di Indonesia.

Buah nanas di Kota Subang konon katanya memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan nanas yang ada di tempat lain. Sebut saja nanas madu yang menjadi primadona buah nanas di kota ini.

Bukan hanya itu, ada juga sebuah simbol yang khas apabila kamu berkunjung ke Kota Subang. Simbol tersebut adalah Tugu Nanas yang ukurannya sangat besar.

Baca Juga:Inspirasi Kebaya Lamaran Hijab, Bikin Pangling!Nonton Mencuri Raden Saleh Full Movie, Sudah Tayang Online Secara Legal!

Lokasi tugu nanas berada di Desa Jalancagak, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

Lalu bagaimana sejarah adanya tugu nanas di Jalancagak Subang itu? berikut beberapa informasinya yang telah dilansir dari Pena News.

Mengenal Lebih Dekat, Asal-usul Kota Subang Dijuluki Kota Nanas

Masyarakat Subang tentunya sudah akrab saat melewati arah Subang menuju Bandung, atau Purwakarta melihat tugu nanas. Lokasi tersebut berada tepat di depan Kantor Polsek Jalancagak.

Pegiat sejarah Subang Yono Sugiono mengungkapkan, sejarah lahirnya tugu nanas Subang diakibatkan karena khusus wilayah Subang selatan seperti Jalancagak menjadi penggerak perekonomian pada bidang pertanian.

“Secara geografis memang Jalancagak merupakan daerah dataran tinggi. Jadi unggul dari segi pertanian, untuk sentranya juga cukup signifikan terutama buah nanas,” ungkap Yono saat berbincang dengan detikJabar belum lama ini.

Yono menjelaskan, untuk mengapresiasi wilayah Jalancagak menjadi penghasil nanas terbaik, Camat Jalancagak pada waktu itu membuat tugu nanas pada tahun 2005.

Tetapi, saat itu pembuatannya masih sederhana dan seadanya.

“Untuk memberikan ikon Jalancagak sebagai wilayah penghasil buah nanas terbaik, sekitar tahun 2005 jaman Pak Camatnya Pak Aseng dibangun lah tugu nanas tapi masih sederhana,” ujarnya.

Baca Juga:Tuntaskan Pembangunan Jalan Kabupaten di Pamanukan Senilai Rp1,2 MiliarSpoiler Film Avengers Secret Wars, Intip Jadwal Tayang dan Fakta Uniknya!

Untuk membuat tugu nanas lebih sempurna, lanjut Yono, pada tahun 2015 tugu nanas tersebut mengalami renovasi dari pihak Pemerintah Kabupaten Subang yang saat itu dipimpin Bupati Ojang Sopandi.

Bukan hanya jaman Ojang, di kepemimpinan Bupati saat ini yaitu Ruhimat pun tugu nanas mengalami perubahan yang lebih baik.

0 Komentar