Pengunjung Perpustakaan Daerah Meningkat Signifikan

Perpustakaan Daerah
0 Komentar

Saat Masa Libur Sekolah

SUBANG-Saat musim libur sekolah kunjungan ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Subang mengalami peningkatan sangat signifikan dibanding hari biasanya.

Tidak hanya itu saja jika dibandingkan dari tingkat kunjungan, di tahun 2021 pengunjung hanya mencapai 1.500 orang saja, sedangkan di tahun 2022 mencapai 5.000 orang.

Pihak Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang pun menyebut, melandainya pandemi Covid-19 berdampak pada meningkatnya kunjungan.

Baca Juga:Roti Gembong Gembul Bisnis Kuliner yang Lagi ViralMerger IOH Berimbas Positif untuk Industri dan Indonesia

Kepala Bidang Arsip Daerah Dinas Arpus dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang Tian Sri Suryanti SAp MSi mengatakan, saat momen libur anak sekolah kunjungan melonjak. Biasanya setiap hari sebanyak 100 orang kini mencapai 300 orang.

Dia mengatakan, selama dua Minggu terakhir mayoritas pengunjung yakni siswa dan mahasiswa.

Saat ini Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang memiliki 32.227 eksemplar buku berbagai jenis dan penerbit.

Sedangkan untuk pustakawan yang bertugas hanya 1 orang. Padahal idealnya lebih dari itu.

Pustakawan Perpusda Subang Tami mengatakan, saat ini Perpusda Kabupaten Subang memiliki Perpustakaan Digital Dengan nama Si Madu Maca (Sistem Membaca Digital menuju Masyarakat Cerdas). Masyarakat tinggal mendownload link bit.ly/perpustakaan Subang.

“Si Madu Maca untuk lebih memudahkan masyarakat, dan aplikasi tersebut bisa download di android secara gratis,” ujarnya.

Salah satu pengunjung Perpusda Rani (23) mengatakan, kunjungannya ke perpusda Kabupaten Subang karena memperluas pengetahuan.

Baca Juga:Lagi, ODGJ Ditemukan Meninggal DuniaPemda Akan Bantu Sekretariat Ormas Kumuh

“Sering ke sini sebenarnya, apalagi pas masih kuliah,” ujar Alumni Universitas Subang tersebut.

Pengunjung lainya Nanda (23) mengatakan, kebiasaannya membaca buku sudah sejak lama, sehingga ia menjadi anggota di Perpustakaan Daerah Subang.

“Hobi baca buku sih jadi sering ke sini,” ujarnya.(ygo/ysp)

0 Komentar