Cegah Aksi Geng Motor, Polisi Gencar Sambangi Sekolah

Geng Motor
0 Komentar

Peran Guru Penting Kontrol Siswa

PURWAKARTA-Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta menerjunkan anggotanya untuk mendatangi langsung sekolah-sekolah dalam upaya pencegahan aksi geng motor di Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, Polres Purwakarta juga berharap peran serta masyarakat, keluarga dan para tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh adat dalam membantu terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, Polres Purwakarta terus melakukan langkah untuk mencegah pelajar terlibat aksi brutal anggota geng motor yang selama ini meresahkan masyarakat.

Baca Juga:Usut Pengelolaan Pasar Panorama LembangPerekonomian Subang Mulai Membaik

“Terkait pencegahan agar pelajar tidak terlibat aksi geng motor, Polres Purwakarta terus mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Purwakarta dengan memberikan edukasi secara humanis,” kata Kapolres kepada wartawan, Rabu (1/2).

Sebab, sambungnya, kebanyakan anggota geng motor masih usia remaja dan sekolah. Sehingga sangat penting untuk melakukan pencegahan sejak dini dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah.

“Kami ingin para pelajar di Kabupaten Purwakarta bersama-sama menghilangkan angka kejahatan, seperti tawuran maupun perkelahian. Kemudian bisa menjauhi narkoba serta dapat lebih bijak dalam bermedia sosial,” ujarnya.

Kapolres menambahkan, kepedulian dan pengawasan sekolah terhadap siswa perlu ditingkatkan. Di antaranya dengan benar-benar memperhatikan daftar absen siswa setiap masuk sekolah. Hal itu dilakukan untuk memastikan anak-anak terkontrol.

“Dikontrolnya lewat absen. Selama ini setelah diabsen dan pas istirahat tidak terabsen setelah masuk istirahat dan jam terakhir perlu diawasi juga dengan sistem absen,” ucapnya.

Kapolres juga mengatakan peran warga sekolah sangat penting, mulai dari guru sampai kepala sekolah untuk mengontrol dan mengingatkan siswa.

Pihaknya pun meminta kerja sama dari masyarakat, khususnya orang tua siswa agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap pergaulan putra dan putrinya. Tujuannya agar tidak terlibat dalam geng yang kerap ugal-ugalan di jalanan serta membawa senjata tajam.

Baca Juga:Integrasi Jaringan IOH-Ericsson di Jabodetabek RampungKapolres Pastikan Stok Minyak Goreng Aman

“Selain pengawasan dari lingkungan sekolah, peran keluarga juga sangat penting dalam memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap anak-anaknya. Sehingga, tidak terjerumus dalam lingkaran pergaulan yang salah apalagi geng motor yang dapat membahayakan nyawanya sendiri,” katanya.

Kapolres juga menegaskan, dalam mencegah geng motor, Polres Purwakarta mengintensifkan turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli) melalui KRYD atau kegiatan rutin yang ditingkatkan pada waktu-waktu dan lokasi-lokasi yang rawan.

0 Komentar