Jalur Masuk POLSUB melalui UTBK Mulai Dibuka 23 Maret, Berikut Ini Materi yang Harus Dipelajari Peserta 

Jalur Masuk POLSUB melalui UTBK Mulai Dibuka 23 Maret, Berikut Ini Materi yang Harus Dipelajari Peserta 
0 Komentar

SUBANG-Jalur Masuk ke Politeknik Negeri Subang (POLSUB) melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) secara resmi akan dibuka mulai 23 Maret – 14 April 2023.

Perlu diketahui bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK-SBNT, bahwa materi untuk SNBT tahun ini berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya.

Materi dalam UTBK SNBT tahun ini berupa Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

Baca Juga:Setelah Puluhan Tahun Menanti, Kini Desa Kasomalang Kulon Miliki Lapang Sepakbola Pemdes Kasomalang Kulon Sukses Gelar Gebyar Munggahan dan Syukuran Lapangan Sepakbola Sauyunan 

Dengan begini, para calon mahasiswa, khususnya yang akan masuk POLSUB tidak perlu lagi mengikuti Tes Potensi Akademik (TKA) seperti tahun sebelumnya.

Untuk tahun ini, ada tiga tes yang harus dilalui oleh calon mahasiswa yang akan mengikuti jalur UTBK-SNBT.”Sesuai dengan Permendikbud nomor 28 tahun 2022 bahwa peserta UTBK SNBT akan diuji dengan Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Tes Penalaran Matematika,” jelas Wiwik Endah Rahayu, Wakil Direktur Bidang Akademik POLSUB.

Adapun tujuan dari ketiga tes tersebut adalah, TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Penalaran Matematika berfungsi untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Selain itu, calon mahasiswa baru juga harus mengetahui waktu pelaksanaan ujian, jumlah soal, serta materi apa saja dalam UTBK. Hal ini bertujuan dengan harapan mereka bisa mengatur waktu dengan baik saat ujian nanti.

“Dengan mengetahui jumlah soal dan materi yang pada UTBK-SNBT, harapannya nanti bisa membantu calon mahasiswa baru bisa belajar lebih maksimal,” tambah Wiwik.

Baca Juga:Di Subang Kini Ada Penangkaran Rusa, Cocok untuk Wisata Edukasi Kecelakaan Beruntun di Jalan Raya Cijambe Subang, Pengendara Motor Aerox Meninggal Usai Menjalani Perawatan di RSUD Subang 

Adapun bentuk tes serta waktu yang harus diperhatikan oleh calon mahasiswa baru adalah sebagai berikut;

0 Komentar