Bupati Subang Dukung Kerja Sama Pemda dengan PT Sang Hyang Sri Soal Pengawalan dan Bimbingan Teknis Budidaya Tanaman Padi

Bupati Subang Dukung Kerja Sama Pemda dengan PT Sang Hyang Sri Soal Pengawalan dan Bimbingan Teknis Budidaya Tanaman Padi
0 Komentar

SUBANG-Bupati Subang H. Ruhimat, menandatangani kerjasama antara Pemerintah daerah Kabupaten Subang dengan PT. Sang Hyang Sri, bertempat di Ruang Segitiga, Rumah Dinas Bupati. Senin (27/3).

Kerjasama yang dijalin antara Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan PT. Sang Hyang Sri tersebut terkait Pengawalan dan Bimbingan Teknis Budidaya Tanaman Padi di Kabupaten Subang.

Direktur Produksi PT. Sang Hyang Sri Karyawan Gunarso menyampaikan, diberikan mandat untuk melakukan perubahan antara lain perubahan terkait tata kelola lahan yang berada di Sukamandi, kecamatan Ciasem.

Baca Juga:Wanita Terduga Kurir Narkotika Asal Subang Ditangkap PolisiDanone Indonesia Raih Enam Penghargaan PR Indonesia Awards 2023 

Dirinya menyatakan, bahwa pada tahun 2022, IPB dan UGM telah melakukan kajian terkait produktivitas lahan yang digarap oleh PT. Sang Hyang Sri dengan data di bawah 5 ton per hektar, dimana produktivitas tersebut dirasa kurang dari target yang telah ditetapkan.

“Lahan kami di Sukamandi, termasuk lahan yang tidak subur menurut kajian IPB dan UGM, karena sudah digempur dengan bahan kimia yang tidak terkontrol,” jelasnya.

Terkait penggunaan bahan kimia pada lahan garapan tersebut, dirinya menyatakan bahwa telah melakukan berbagai upaya salah satunya dengan edukasi melalui dinas pertanian untuk mengedukasi masyarakat demi peningkatan produktivitas lahan.

“Kami sering bertemu dengan petani melalui bu Kadis untuk melakukan bimbingan. Kami harapa 6,5 ton perhektar bisa tercapai,” katanya.

Menutup sambutannya, Direktur Produksi berharap MoU yang akan dijalin dapat mampu meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas lahan pertanian.

“Kami ingin memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan petani, dengan MoU ini kami harap bisa meningkatkan produktivitas.”

Sementara itu, Bupati Subang H. Ruhimat yang akrab disapa Kang Jimat mendukung kerjasama yang dilaksanakan, terlebih Subang merupakan salah satu lumbung padi Nasional.

Baca Juga:Ruas Jalan Sumedang – Subang Siap Dipakai Mudik H-10Ungkapan Syukur Karyawan Pasundan Ekspres Masih Eksis Hingga Usia 15 Tahun

“Saya sangat mendukung kerjasama diantara kita, sehubungan dengan bahwa Subang adalah lumbung padi nasional, dan Aquarium dari Subang tersebut adalah Sang Hyang Sri,” jelasnya.

Kang Jimat pun membandingkan produksi pertanian di Jepang dan Korea, dimana kedua negara tersebut mampu menghasilkan hasil pertanian hingga 14 ton di setiap hektar lahan garapan. Untuk itu, Kang Jimat sangat mendukung kerjasama yang dijalin demi peningkatan produktivitas.

0 Komentar