Tips Jitu Lolos Tes Bakat Skolastik LPDP 2023, Kamu Harus Tahu!

Tips Jitu Lolos Tes Bakat Skolastik LPDP 2023, Kamu Harus Tahu!
Tips Jitu Lolos Tes Bakat Skolastik LPDP 2023, Kamu Harus Tahu!
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Tahap seleksi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2023 masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Salah satunya adalah tes bakat skolastik, apabila kamu ingin berhasil dalam mengerjakan soal tes bakat skolastik, maka perlu diperhatikan strategi dalam pengerjaannya.

Mengutip dari Situs Indonesian Journal of Educational Assessment, tes bakat skolastik atau TBS merupakan cara mengukur kemampuan kognitif seseorang secara umum yang dilandasi oleh pemahaman intelegensi. Tes bakat skolastik pun dapat menjadi pengukur kemampuan nalar secara verbal maupun numerik.

Baca Juga:Rekomendasi Kaftan Bahan Satin untuk Lebaran 2023Segera Daftar Hari Ini! Polri Sediakan Mudik Gratis 2023

Adapun bocoran soal tes bakat skolastik LPDP ini terdiri dari tiga kategori soal.

Kategori tersebut diantaranya penalaran verbal, penalaran numerik, dan penalaran masalah. Bagaimana tips sukses mengerjakan tes bakat skolastik?

1. Latihan secara Konsisten dan Komitmen

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar tes bakat skolastik berhasil adalah latihan secara rajin disertai komitmen. Apalagi sekarang kamu bisa mendapatkan soal tes bakat skolastik darimana saja, baik internet maupun toko buku.

Latihan bisa dilakukan setiap hari dengan mengalokasikan waktu selama 1 hingga 2 jam. Dalam mengerjakan soal latihan, maka bisa disiasati cara tercepat menyelesaikan soal versi diri sendiri.

Tips Sukses Mengerjakan Tes Bakat Skolastik LPDP

2. Tetapkan Skor di atas Passing Grade

Berbeda dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB), tes beasiswa LPDP tidak pernah secara gamblang menginformasikan passing grade.

Sebab itu pejuang LPDP dapat mencari informasi kepada rekan atau kenalan yang pernah mengerjakan tes ini di tahap sebelumnya untuk mengetahui informasi dalam menetapkan strategi lolos.

Baca Juga:Perubahan Cuti Bersama Lebaran 2023, Cek Tanggalnya di Sini!Sapa Peserta KOAS di Depok, Atalia: Perkuat Pemahaman Agama Anak-anak

Contohnya, apabila rekan atau kenalan tersebut memberikan informasi bahwa passing grade sebelumnya sekitar 170, maka kamu bisa menetapkan passing grade yang lebih agar aman.

Adapun nilai per soal dihitung 5. Itu artinya, banyak soal yang harus dikerjakan dengan benar adalah sebanyak 36 soal.

Dalam membuat strategi penyelesaian soal, bisa kamu lakukan dengan memberikan target besar pada jenis soal yang paling disukai. Misalnya memberikan target 23 soal penalaran umum, 25 soal penalaran numerik, dan 12 soal pemecahan masalah.

3. Memperbanyak Diskusi dengan yang Sudah Mendapatkan Beasiswa LPDP

0 Komentar