Orang Subang Harus Bangga Punya Ini, Alasan Kenapa Pelabuhan Patimban Begitu Istimewa

pelabuhan patimban
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, segera memulai kegiatan operasionalnya.

Proyek mega ini, yang memakan anggaran triliunan rupiah, memiliki sejumlah keunggulan dan diharapkan memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Ganti Rugi Pengadaan Tanah Tol Patimban-Cipali Mulai Musyawarah

Pembangunan pelabuhan ini diharapkan mampu mengurangi biaya logistik di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah.

Baca Juga:Pake OPPO Find N2 Flip, Tidak Hanya Meningkatkan Kepercayaan Diri, Jadi yang Pertama Bisa Google Android 14 Beta 1 Juga20 Desa dan 10 Kecamatan Ini akan Dilalui Tol Akses Patimban, Ini Daftarnya

Seiring dengan persiapan menuju peluncuran soft launching Pelabuhan Patimban pada Minggu (20/12/2020) lalu, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui mengenai keistimewaan pelabuhan ini.

Keistimewaan Pelabuhan Patimban Subang

Pertama, proyek pelabuhan ini memiliki skala yang sangat besar. Pembangunan Pelabuhan Patimban telah dimulai sejak 2019 dan akan diselesaikan secara bertahap hingga tahun 2027.

Untuk menyelesaikan proyek ambisius dengan luas 654 hektar ini, pemerintah membutuhkan investasi yang signifikan.

Presiden Joko Widodo bahkan mengungkapkan bahwa untuk tahap pertama, investasi yang diperlukan sekitar Rp29 triliun.

Total investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan pelabuhan ini hingga selesai diperkirakan mencapai Rp50 triliun.

Kedua, proyek Patimban diharapkan juga menjadi pusat produksi otomotif. Presiden bahkan menyebutkan bahwa sebagian besar produksi yang akan masuk ke Patimban adalah mobil yang akan diekspor ke Australia, Selandia Baru, dan negara-negara ASEAN lainnya.

Pada saat peluncuran soft launching, akan dilakukan ekspor perdana sebanyak 140 unit mobil menggunakan Kapal MV.

Baca Juga:Beberapa Hal yang Kamu Perlu Tau Tentang Johnson ML, Lengkap dengan Build dan CounternyaOh Begitu, Ini Dia Tips dari Pro Player Mobile Legends agar Bisa Cepat Naik Level

Suzuka Express yang dimiliki oleh PT Toyofuji Shipping Co., Ltd menuju Brunei Darussalam.

Ketiga, lokasi Pelabuhan Patimban juga dianggap strategis. Pelabuhan ini terletak di Subang, Jawa Barat, yang berada di antara Jakarta dan Cirebon. Selain itu, Patimban juga terhubung dengan jalan tol, sehingga memiliki potensi untuk mengembangkan 10 kawasan industri prioritas di sepanjang Koridor Utara Jawa.

Peran Pelabuhan Patimban dalam Asean Connectivity 2025

Oleh karena itu, dalam menghadapi Asean Connectivity 2025, Pelabuhan Patimban diharapkan dapat bekerja sama dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

0 Komentar