Goyangkan Tangki saat Isi Bensin Motor Terbakar, Ko Bisa?

Goyangkan Tangki saat Isi Bensin Motor Terbakar, Ko Bisa?
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Sebuah peristiwa kebakaran terjadi di SPBU Tlogomas, Malang, Jawa Timur. Motor Yamaha Vixion terbakar akibat pemiliknya yang tidak diketahui identitasnya melakukan goyang-goyangkan motor saat mengisi bensin.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @info_malang, terlihat pemilik motor sedang melakukan pengisian bahan bakar. Namun, ia tidak turun dari motor dan justru goyang-goyangkan motornya.

Dalam rekaman CCTV di awal kebakaran di SPBU Tlogomas, terlihat lampu motor masih menyala. Juga, lampu sein kanan juga masih menyala.

“Dipengaruhi oleh pengendara, digoyang-goyangkan begitu,” ujar suara dalam video tersebut.

“Iya, itu masih menyala, lampu sein kanan,” tambahnya.

Baca Juga:Reunion Fest 2023 SMANSA Subang Berlangsung MeriahSoal Cawapres Ganjar Pranowo, Hasto: September Mudah-mudahan

Setelah bahan bakar terisi, pemilik motor terlihat masih goyang-goyangkan motornya. Kemudian, saat akan menyalakan motornya, api muncul dari tangki setelah proses pengisian bahan bakar selesai.

Motor langsung terjatuh ke kiri, dan api pun membesar. Namun, petugas dengan cepat memadamkan api menggunakan APAR (alat pemadam api ringan).

Pemilik kendaraan sebaiknya menghindari goyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar karena hal tersebut sangat berbahaya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kota Malang, Agoes Soebekti, menjelaskan bahwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB dimulai saat motor Vixion sedang mengisi bahan bakar. Ketika hampir selesai, tiba-tiba terjadi percikan api.

“Api cepat membesar karena menyulut bahan bakar. Setelah mengetahui hal tersebut, petugas SPBU langsung melakukan pemadaman menggunakan APAR,” ujar Agoes saat dihubungi detikJatim pada Minggu (18/6/2023).

Sony Susmana, selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan bahwa goyang-goyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar di SPBU tidak memiliki manfaat.

Malah, hal tersebut dapat menimbulkan efek berbahaya bagi lingkungan sekitar.

“Kendaraan yang digoyang-goyangkan saat mengisi bahan bakar justru membuat bahan bakar di dalam tangki menjadi kocak dan menyebabkan pengukurannya tidak akurat. Jika terjadi percikan bensin yang terbuang keluar, hal itu justru membahayakan,” kata Sony Susmana beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga:Sandiaga Uno Diajukan PPP Sebagai Bakal Calon Wakil Presiden, PDIP: Kita Lihat MomennyaWisuda Akbar Angkatan Ke-VI Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) se-Kabupaten Subang, ini Janji Bupati

Melalui unggahan akun Instagram @pertamaxseries.id, masyarakat diimbau untuk tidak meng

goyangkan kendaraan saat mengisi bahan bakar di SPBU. Goyangan pada kendaraan saat pengisian bahan bakar dapat menyebabkan gesekan antara ujung nozzle besi dan ujung tangki, yang dapat memicu kejadian gesekan listrik statis.

0 Komentar