Apa Itu Penyakit Frostbite? Kenali Gejala dan Cara Menanganinya

Apa Itu Penyakit Frostbite? Kenali Gejala dan Cara Menanganinya
ilustrasi dari penyakit frostbite yang sedang ramai Foto. pinteres
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESFrostbite adalah suatu kondisi jaringan tubuh mengalami pembekuan.

Jika seseorang terkena frostbite maka ia sama sekali tidak merasakan apapun, seolah-olah tubuhnya terasa mati rasa.

Melansir dari Kemenkes, seseorang yang memasuki tahap parah dari frostbite, kulitnya akan menjadi keras dan terasa seperti lilin. Ketika mengalami kondisi tersebut, sebaiknya frostbite harus segera ditangani untuk menghindari amputasi.

Orang bisa terkena frostbite melalui udara, cuaca yang terlalu dingin, atu kontak fisik dengan benda yang bersuhu tinggi seperti nitrogen cair dan dry ice.

Baca Juga:Berapa Banyak Kalori dan Nutrisi yang Ada Dalam Buah Bluebeery, Cek Faktanya disiniKamu Harus Tahu! 13 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Frosbite juga beresiko terjadi pada anak-anak, lansia dan orang yang mengalami hipotermia di lingkungan yang bersuhu ekstrem.

Gejala Frostbite Berdasarkan Tingkat Keparahannya 

Frostnipe

Frostnip merupakan bentuk paling ringan dari frostbite. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan atau putih pucat dan terasa sangat dingin.

Jika kamu diamkan, lama-kelamaan kondisi ini bisa menyebabkan bagian tubuh yang mengalami frostnip menjadi mati rasa. Segeralah mencari suhu yang lebih hangat.

Ketika dihangatkan, bagian tubuh yang terkena frostnip akan terasa kesemutan dan nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Sensasi ini akan mereda dengan sendirinya ketika tubuh sudah kembali ke suhu normal.

Superficial Froshbite

Superficial frostbite atau radang dingin dangkal ditandai dengan kulit yang membengkak dan berwarna pucat atau kebiruan.

Saat dihangatkan, kulit akan terasa nyeri atau perih seperti terbakar dan mengelupas. Meski demikian, superficial frostbite umumnya dapat disembuhkan dan kulit akan pulih dalam waktu kurang lebih 6 bulan.

Deef Froshbite 

Deep frostbite merupakan frostbite yang sudah parah. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang mengalami mati rasa dan tampak kebiruan.

Baca Juga:Arti kedutan Mata Kanan Bawah dilihat Dari Sisi Medis dan Islam4 Penyebab Kolestrol Tinggi Yang Harus Kamu Waspadai

Setelah dihangatkan, kulit akan melepuh dan berubah menjadi keras dan hitam. Hal ini menandakan bahwa jaringan tubuh telah mati (gangren).

Cara Menangani Froshbite 

0 Komentar