Pemerintah Resmi Buka Pendaftaran CPNS dan PPPK untuk September 2023, Begini Cara Daftarnya di SSCASN

sscasn
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES  – Pemerintah Indonesia telah mengumumkan rencananya untuk membuka proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada bulan September tahun ini.

Kabar ini diumumkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Jakarta pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Dalam pernyataannya, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menjelaskan bahwa tahun ini akan ada komposisi pembukaan formasi yang berbeda dari sebelumnya.

Baca Juga:Daftar Penerima Gelar Kehormatan Bintang Jasa dari Presiden, Termasuk Diserahkan ke Presiden FIFA Gianni InfantinoPemilihan Penjabat Gubernur di Sejumlah Daerah Akan Dilaksanakan Secara Akuntabel, Tegas Jokowi

Sebanyak 80 persen dari formasi yang tersedia akan diperuntukkan bagi PPPK, sementara sisanya, yakni 20 persen, akan diperuntukkan bagi CPNS, yang termasuk di dalamnya adalah lulusan freshgraduate.

“Tahun ini, kita juga memberikan peluang rekrutmen Pegawai Negeri Sipil untuk talenta digital, terutama bagi freshgraduate. Komposisi alokasi formasi untuk tahun ini dan tahun depan memiliki perbedaan.

Tahun ini, 80 persen diberikan kepada PPPK dan 20 persen untuk lulusan freshgraduate. Sedangkan tahun depan, alokasinya akan berubah menjadi 30 persen lulusan freshgraduate dan 70 persen untuk PPPK.

Ini dilakukan untuk menunaikan sejumlah mandat yang kami terima,” ujar Menteri Anas.

Pembukaan seleksi CPNS dan PPPK ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk memenuhi tenggat waktu penghapusan status tenaga non-ASN, atau yang lebih dikenal dengan sebutan honorer, sebelum tanggal 28 November 2023.

Tahun ini, sebagian besar formasi yang dibutuhkan adalah untuk posisi guru, tenaga kesehatan, talenta digital, dan data scientist.

“Diperkirakan sekitar 80 persen dari total formasi yang dibuka tahun ini akan dialokasikan untuk posisi guru dan tenaga kesehatan,” ungkap Menteri Anas.

Baca Juga:Korlantas Polri Resmikan Perubahan Desain Ujian Praktik SIM Menjadi Huruf ‘S’ Tidak Ada Lagi Zig Zag Huruf 8Prabowo Temui Sejumlah Influencer dan Pelawak: Para Pemuda Kreatif Indonesia Penuh Inovasi

Bagi para calon pelamar yang ingin mendaftar dalam seleksi CPNS, Menteri Anas memberikan langkah-langkah penting untuk melakukan pendaftaran di portal SSCASN.

Meskipun tanggal pasti pembukaan seleksi CPNS belum diumumkan, para calon pelamar diimbau untuk segera mendaftarkan akun mereka dan mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang diperlukan oleh instansi yang menjadi tujuan mereka.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Akses portal sscasn.bkn.go.id dan pilih menu CPNS.
2. Klik “Buat Akun” dan lengkapi data identitas yang diminta, termasuk NIK, Nomor Kartu Keluarga, nama lengkap sesuai KTP, nomor ponsel aktif, alamat email, dan tanggal lahir.

0 Komentar