Resep Cilok Empuk Meski Dingin Tanpa Telur, Empuk Kenyal

Resep Cilok Empuk Meski Dingin Tanpa Telur, Empuk Kenyal
Resep Cilok Empuk Meski Dingin Tanpa Telur, Empuk Kenyal (dok.Youtube.com/Uli's Kitchen)
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Dari pada gabut, cobain resep cilok empuk meski dingin tanpa telur buat camilan di rumah yuk. Teksturnya yang empuk dan kenyal membuat olahan aci ini disukai banyak orang.

Cilok atau singkatan dari aci dicolok adalah makanan rakyat khas Jawa Barat, yang terbuat dati tepung kanji (aci dalam bahasa sunda). Umumnya, cilok disajikan dengan bumbu pelengkap seperti saus kacang, saus sambal, dan kecap. Nah, berikut ini resep cilok empuk meski dingin tanpa telur yang empuk kenyal.

Langkah 1 : Haluskan bawang putih, kemiri, dan merica menggunakan ulekan atau blender hingga halus. Sisihkan

Baca Juga:7 Tempat Wisata Lembang Terbaru 2023, Healing Makin SeruSinopsis Di Ambang Kemarin, Kisah Nyata Thread Viral Jeropoint

Langkah 2 : Rebur air 500 ml di atas kompor menggunakan api sedang. Lalu,masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan menambahkan garam atau penyedap rasa aduk sampai rata.

Langkah 3 : Setelah rebuasan air sudah mendidih matikan api. Selanjutnya, masukkan tepung terigu aduk sampai tercampur rata atau hingga adonan agak lembek. Diamkan sampai suhunya hangat-hangat kuku.

Langkah 4 : Setelah suhunya sudah hangat-hangat kuku, lalu masukkan daun bawang iris dan tepung sagu secara bertahap aduk rata sampai adonan cilok bisa dibentuk bulat-bulat.

Langkah 5 : Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan adonan cilok yang sudah dibentuk bulat-bulat tadi sampai mengapung.

Langkah 6 : Selanjutnya kukus cilok sampai matang kurang lebih selama 15 menit.

Langkah 7 : Saatnya membuat bumbu kacang. Caranya adalah dengan menggoreng kacang tanah, cabai rawit, bawang putih, dan cabai merah besar. Kalo sudah matang angkat dan tiriskan.

0 Komentar