Bahasa Gaul Kiyowo di Medsos: Arti dan Asal Usulnya

arti bahasa gaul kiyowo
arti bahasa gaul kiyowo
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Bahasa gaul yang bertebaran di media sosial tidak terhitung jumlahnya.

Dari sekian banyak bahasa gaul yang digunakan di medsos, ada satu kata yang kerap mengemuka, yaitu “kiyowo”.

Mungkin sebagian dari Anda telah sering melihat kata ini digunakan oleh pengguna medsos seperti Twitter atau TikTok.

Namun, tahukah Anda sebenarnya apa makna dari kata “kiyowo”?

Baca Juga:4 Tim E-Sports Indonesia Bersiap Bersaing di Turnamen PMGC 2023Menkumham Ungkap Belum Ada Eksil Politik Korban Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu Ajukan Permohonan Pindan Kewarganegaraan

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita rangkum arti dari kata “kiyowo” yang sering digunakan di dunia media sosial.

“Kiyowo” adalah kata yang sering digunakan di media sosial, terutama oleh penggemar budaya populer Korea Selatan, yang dikenal sebagai penggemar Kpop.

Kata ini digunakan untuk mengomentari artis Kpop yang mereka gemari. Selain itu, “kiyowo” juga bisa digunakan untuk mengomentari pernak-pernik, aksesori, atau hal-hal lain yang terkait dengan dunia Kpop.

Anda dapat dengan mudah menemukan penggunaan kata “kiyowo” dengan konteks seperti ini di media sosial.

Contohnya, akun @iyaakunpertama di media sosial X pernah mengunggah twit pada Sabtu (12/8/2023) yang menggunakan kata “kiyowo” untuk mengomentari sebuah aksesori berupa casing ponsel dengan tema salah satu boyband Kpop, meskipun dirinya bukan penggemar berat boyband tersebut.

Selain contoh tersebut, masih banyak lagi penggunaan kata “kiyowo” dalam konteks pembicaraan yang berhubungan dengan Kpop.

Namun, sebenarnya kata “kiyowo” tidak lepas dari asal-usulnya. Ini adalah kata dalam kosakata bahasa Korea Selatan. Dalam bahasa aslinya, ejaan yang benar adalah “gwiyeowo”.

Baca Juga:Kebakaran TPA Sarimukti jadi Penyebab Bandung Darurat Sampah, Pemkot Bentuk Satuan Tugas Kedaruratan SampahDaftar 4 Kementrian dan Pemda yang Membuka Lowongan ASN dan PPPK Terbaru 2023, Lengkap dengan Jadwal Seleksinya

Kata “kiyowo” kemungkinan besar berasal dari pelafalannya yang terdengar mirip dengan “gwiyeowo”.

Dalam bahasa Korea Selatan, arti dari “kiyowo” atau “gwiyeowo” adalah imut, lucu, atau menggemaskan. Kata ini digunakan untuk menyebut sesuatu yang terlihat imut atau lucu, bisa berupa orang atau benda.

Menurut laman 90 Day Korean, “kiyowo” atau “gwiyeowo” termasuk dalam bahasa informal atau bahasa gaul. Kata “gwiyeowo” sering digunakan untuk mengungkapkan keimutan kepada orang-orang terdekat.

Selain “gwiyeowo”, ada dua versi lain, yaitu “gwiyeopseumnida” dan “gwiyeowoyo”, yang memiliki arti yang sama, yakni menggemaskan.

Namun, kedua versi ini digunakan dalam konteks yang berbeda. “Gwiyeopseumnida” digunakan dalam situasi formal, seperti saat presentasi, wawancara, atau memberikan pengumuman resmi yang berhubungan dengan sesuatu yang menggemaskan.

0 Komentar