Tips Ganti Bohlam Lampu Kabut Avanza Lawas: Perhatikan Kapasitas Watt

toyota veloz
toyota veloz
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Bagi pemilik Toyota Avanza lawas dengan tipe tertentu, lampu kabut adalah fitur penting yang dimiliki oleh mobil tersebut.

Namun, penting untuk diingat bahwa proses pergantian bohlam pada lampu kabut tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Avanza lawas masih mengandalkan penggunaan bohlam khusus pada lampu kabutnya, yang mana memiliki usia pakai tertentu.

Baca Juga:Bahasa Gaul Kiyowo di Medsos: Arti dan Asal Usulnya4 Tim E-Sports Indonesia Bersiap Bersaing di Turnamen PMGC 2023

Oleh karena itu, ketika bohlam tersebut mengalami kerusakan, penggantian dengan yang baru perlu segera dilakukan.

Pemilik bengkel spesialis lampu, Yomin Sugianto dari Yoong Motor, menjelaskan bahwa lampu kabut pada Avanza terbaru menggunakan bohlam tipe H16.

Walaupun memiliki kesamaan kaki dengan tipe H11, perlu dicatat bahwa tipe H16 hanya memiliki daya sebesar 19 watt.

Sementara tipe H11 hadir dalam varian daya 50 watt. Koh Yoong, demikian ia biasa disapa, menyatakan, “H11 sebenarnya diperuntukkan bagi lampu kabut model lama yang masih menggunakan bahan beling atau kaca.”

Koh Yoong juga menambahkan bahwa banyak pemilik Avanza yang memilih untuk mengganti bohlam lampu kabut dengan tipe berdaya 55 watt atau 50 watt.

Padahal, Avanza lawas dengan tipe H11 hanya disarankan untuk menggunakan bohlam berdaya 35 watt.

Walaupun bohlam tipe H11 mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang dibandingkan tipe H16, perlu diingat bahwa bohlam tersebut juga menghasilkan panas yang lebih tinggi.

Baca Juga:Menkumham Ungkap Belum Ada Eksil Politik Korban Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu Ajukan Permohonan Pindan KewarganegaraanKebakaran TPA Sarimukti jadi Penyebab Bandung Darurat Sampah, Pemkot Bentuk Satuan Tugas Kedaruratan Sampah

Hal ini bisa berakibat pada melelehnya rumah lampu kabut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan insiden kebakaran atau asap pada lampu kabut Avanza.

Dalam mengganti bohlam lampu kabut pada Avanza lawas, pemilik mobil perlu memperhatikan kapasitas watt yang sesuai agar tetap menjaga kinerja dan keamanan lampu kabut mobil mereka.

0 Komentar