Lima Kecamatan di Subang Alami Kekeringan, Bupati Sebut Sudah Lapor ke BNPB

Kekeringan
0 Komentar

SUBANG-Sebanyak lima kecamatan yang ada di Kabupaten Subang, dilanda kekeringan. Kebutuhan akan air bersih, menjadi prioritas utama bagi warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, mengklaim sudah menyalurkan air bersih di dua kecamatan yaitu di Jalancagak dan Ciater. Permintaan akan air bersih dari warga langsung direspon.

Bekerjasama dengan Perumda Tirta Rangga Subang, BPBD meminta agar warga yang kekurangan air bersih bisa langsung menghubungi pihak yang menangani kebencanaan tersebut.

Baca Juga:Kader PKB Subang Siap Menangkan Pasangan Anies-Cak IminSekda Sebut Rotasi Mutasi Sesuai Aturan, Puluhan Pejabat Purwakarta Dilantik

“Ada dua kecamatan yang sudah diberikan, yaitu Desa Palasari – Ciater dan Pamanukan. Permintaan akan air bersih sudah kita salurkan,” Ujar Kepala Satuan Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Subang, Udin Jazudin.

Ia menyebut, untuk kecamatan yang saat ini dilanda akan kekeringan dan membutuhkan air bersih ada di Kecamatan Pusakajaya, Pamanukan, Legonkulon, Blanakan dan Ciater. Daerah tersebut, membutuhkan penanganan akan air bersih dengan segera.

Kekeringan yang terjadi di kecamatan tersebut, lantaran warga di sana bergantung terhadap sumur gali, sehingga ketika musim kemarau berkepanjangan membuat warga kebingungan untuk mendapatkan air bersih.

“Mereka bergantung terhadap sumur, ketika mengalami kekeringan, pasokan air bersih pun tidak didapat,” jelasnya.

Udin mengatakan, pihaknya berkordinasi dengan BUMD Perumda Tirta Rangga Subang dalam penyaluran air bersih.

Warga Desa Palasari – Ciater, Reza NM mengaku sudah kesulitan mendapatkan air bersih sejak bulan Agustus 2023 lalu. Inisiatif warga dikemukakan ke aparat desa untuk permintaan akan air bersih.

“Sudah sulit dapat air bersih, makanya kita minta bantu ke BPBD,” jelasnya.

Baca Juga:KB dan TK Nurhidayah Purwakarta Kembangkan Karakter SiswaKades Sukatani Wajibkan Calon Pengantin Tes Urine, Komitmen Wujudkan Kampung Bebas Dari Narkoba di Purwakarta

Soal kekeringan ini, mendapat atensi khusus dari Bupati Subang, H Ruhimat dan Wabup Agus Masykur. Keduanya secara langsung menghadiri penyerahan bantuan air bersih dari PDAM Tirta Rangga Subang, bertempat di Desa Palasari, Kecamatan Ciater. Kamis (7/9).

Bantuan tersebut berupa dua mobil tangki air yang juga ke depannya dijadwalkan seminggu dua kali untuk pengiriman air, serta bantuan sumur pompa dalam dengan kedalaman 60-70 meter.

Camat Ciater Imam Supardan S.IP menuturkan, kekeringan di desa tersebut salah satunya dikarenakan pengaruh iklim dan cuaca. Dirinya pun menginstruksikan kepala desa agar melakukan langkah-langkah penanganan untuk mencegah kekeringan terjadi kembali.

0 Komentar