SMAN 2 Subang Sudah Terapkan Kurikulum Merdeka, Sukseskan Program P5

SMAN 2 Subang
0 Komentar

SUBANG-Terdapat beberapa sekolah yang dapat menjadi pilihan di Kabupaten Subang, salah satunya adalah SMAN 2 Subang. SMAN 2 Subang terletak di Jl. Raya Dangdeur No.KM.5, Dangdeur, Kec. Subang, Kabupaten Subang.

Jika dilihat dari letaknya yang strategis, SMAN 2 Subang memiliki banyak keuntungan, salah satunya yaitu kemudahan sekolah yang dapat dijangkau dari arah mana saja.

SMAN 2 Subang pada awal berdirinya merupakan Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan (SMPP) yang pembukaannya didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0236/O/ 1973 tanggal 18 Desember 1973.

Baca Juga:NasDem KBB Tak Khawatir Suara Anies Merosot, Buntut Aksi PenolakanPemkab Purwakarta Integrasikan SPIP dan Manajemen Risiko

Sejalan dengan perkembangan pendidikan di Kabupaten Subang serta tuntutan kebutuhan di masyarakat status SMPP Negeri Subang diganti menjadi Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas (SMA) Negeri 2 Subang. Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0353/U/1985 tanggal 9 Agustus 1985.

SMAN 2 Subang memiliki tenaga pendidik sebanyak 64 orang. Dengan rincian 31 orang-orang laki-laki dan 33 orang-orang perempuan. Untuk tenaga kependidikan, sekolah ini memiliki 24 orang dengan rincian 20 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.

Untuk jumlah peserta didik, SMAN 2 Subang saat ini sebanyak 1.243 siswa. Dengan jumlah rombongan belajar sebanyak 36 yang di setiap dijenjang dibagi dua jurusan yaitu MIPA dan IPS.

“Sekolah ini telah menerapkan Kurikulum Merdeka yang dimulai tahun ajaran 2022/2023, saat ini kelas 10 dan 11 telah menerapkan kurikulum ini, sementara kelas 12 masih menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik,” ucap Wakasek Humas SMAN 2 Subang, Lina Rosliana, S.Pd.

Dia mengatakan, karakteristik dari Kurikulum Merdeka yakni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Terdapat beberapa P5 yang telah dijalankan yaitu bertema “Maju Bersama Hebat Semua”, Kearifan Lokal”, dan yang terbaru bertema “Bangunlah Jiwa raganya” yang mengangkat topik berupa kesehatan reproduksi, bullying, dan narkolema,” timpal Staf Wakasek Kurikulum SMAN 2 Subang, Akbar Ibrahim, M.Pd.

Profil Pelajar Pancasila juga menjadi dasar pada semua tahapan dalam penyusunan program sekolah ini diantaranya, Nasi Rames (Program Literasi), Pembinaan Keputrian, Training Motivasi, PGP (Pengenalan Gerakan Pramuka), Pembinaan Karakter (BINKAR), Intensive Learning Person/OSN, dan lain sebagainya.

0 Komentar