Program Upland Tingkatkan Hasil Produk Pertanian di Subang, Bupati Ruhimat Apresiasi Kementerian Pertanian

Program Upland Tingkatkan Hasil Produk Pertanian di Subang, Bupati Ruhimat Apresiasi Kementerian Pertanian
0 Komentar

SUBANG-Bupati Subang H Ruhimat hadir dalam Gelar Produk Pertanian Tahun 2023, bertempat di Lapang Desa Sukamelang Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, Kamis (9/11). Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Upland Project Kabupaten Subang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Subang.

Program Upland merupakan kegiatan pertanian di dataran tinggi yang komperhensif mulai dari pengembangan on-farm sampai off-farm, bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani.
Di Kabupaten Subang, program ini sudah mencakup 34 desa di 8 kecamatan. Total petani yang masuk dalam program Upland, sebanyak 2.557 petani yang bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi manggis di Kabupaten Subang.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Nenden Setyawati menyampaikan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan hasil produk pertanian di Subang Selatan.

Baca Juga:IOH Kampanyekan Anti-Hate Speech di Festival Film Pendek SOS 2023622 Keluarga Risiko Stunting di Subang Terima Bantuan Pangan

“Produk holtikultura salah satunya manggis dan tembakau. Tujuannya untuk memberikan informasi atas perkembangan berbagai produk, pemasaran, teknologi dan lain-lain,” ujarnya.

Sehingga, kata Nenden, dapat menggali potensi usaha di Kabupaten Subang khususnya pelaku usaha tani di Subang Selatan dengan komoditas manggis dan tembakau yang mendapat program Upland karena dianggap sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

Nenden berharap, hasil pertanian program Upland dan berstandar ekspor sekaligus sebagai penjaga kelestarian alam di Subang Selatan.

“Output Upland adalah produk yang dihasilkan harus berstandar ekspor. Sekaligus walaupun lahan di Subang Selatan menjadi wisata tapi hasil pertanian harus tetap dipertahankan,” ucapnya.

Selanjutnya, Dirjen PSP Kementerian Fikri Indra mengatakan, acara tersebut sebagai wujud semangat petani dalam meningkatkan kualitas produk pertanian bersama Upland.

“Terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Subang mendapat Rp75.134.000.000 di 1.165 hektare lahan dengan tujuan meningkatkan produktifitas dan pendapatan petani serta mengembangkan infrastruktur pertanian,” kata Fikri Indra.

Sementara itu, Bupati Subang Ruhimat mengaku bangga dan bahagia melihat tanaman manggis yang ranum. Ia juga bersyukur atas berbagai bantuan yang didapatkan para petani.

Baca Juga:Anggota DPRD Subang Dukung Pembuatan Embung, Dinas Pertanian Sebut Terkenda LahanPolres Purwakarta Libatkan 243 Personel Dari Berbagai Kesatuan, Amankan Kunjungan Presiden

Terkait bantuan dari Upland yang diberikan kepada petani, Ruhimat mengatakan, yang menikmati bantuan tersebut bukan hanya petani tetapi masyarakat umum pun dapat memanfaatkan bantuan Upland yang diantaranya berupa jalan usaha tani.

0 Komentar