Upaya Konkret Disdikbud Subang Lestarikan Wayang, Gelar Acara Bertajuk Jagat Wayang Subang

Upaya Konkret Disdikbud Subang Lestarikan Wayang, Gelar Acara Bertajuk Jagat Wayang Subang
0 Komentar

SUBANG-Dinas Pendidikan dan Kebudayaann (Disdikbud) Subang Sukses menggelar peringatan Hari Wayang Golek Nasional dan Dunia di Lapang Bintang Subang, Minggu (19/11).
Peringatan hari bersejarah di Subang itu dikemas dalam tema “Jagat Wayang Subang”.

Kepala Disdikbud Subang, Tatang Komara menuturkan, peringatan ini menjadi semakin istimewa karena hanya kabupaten Subang yang mampu menyelenggarakan acara Hari Wayang Golek Nasional dan Dunia dengan begitu meriah, mendapat apresiasi tinggi dari tingkat nasional.

Tatang Komara menuturkan, perayaan ini terbagi menjadi dua sesi. Pagi hari dimulai dengan pembukaan peringatan melalui karnaval kostum wayang dan hiburan seru.

Baca Juga:Kadis PUPR Subang Berharap Jalan Baru Cipeundeuy-Serangpanjang Bisa Dilakukan Pengerasan Tahun 2024Warga Subang Senang Dengan Dibangunnya Jembatan Jimat Kahuripan

Sesi kedua yakni malam hari yang disajikan dengan pertunjukan seni budaya wayang yang menggabungkan dalang lokal, nasional, dan internasional.

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang Asep Nuroni mengapresiasi Kepala Disdikbud Subang dan tim yang telah menyelenggarakan acara ini.

Menurut Asep, kegiatan ini merupakan langkah tepat dan strategis dalam mendorong apresiasi masyarakat terhadap wayang sebagai aset budaya nasional.

Sekda menyampaikan, wayang termasuk dalam daftar warisan tak benda UNESCO sejak 4 November 2008, karena memiliki karakteristik yang indah dan sarat dengan nilai-nilai falsafah keutamaan hidup yang patut dilestarikan.

Asep berharap peringatan Hari Wayang Nasional dan Dunia menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kekayaan budaya wayang, yang tak lain merupakan jati diri dan karakteristik bangsa Indonesia.

Acara ini juga mendapat apresiasi langsung dari Bupati Subang H Ruhimat. Bupati yang membuka acara pada malam hari iu mengapresiasi Disdikbud Subang yang menggelar “Jagat Wayang Subang”.

Pada sesi kedua ini, acara utama menampilkan Kolaborasi Wayang yang terdiri Ki Dalang Yogaswara Sunandar Sunarya dari Giriharja 3 Putra Bandung, Ki Dalang Widodo Jaya Kusuma dari Buta Komara Putra Subang, dan Ki Dalang Apen Supendi dari Cinta Pusaka Putra Subang.

Baca Juga:Kedai Klabinaria, Kedai Retro Kegemaran Kawula Muda SubangSubang Juara I Tarumpah Panjang dan Juara III Sumpitan Dalam Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Jawa Barat 2023

Ketua Persatuan Perdalangan Indonesia (PEPADI) Jawa Barat H. Darsa Wibiksana mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Subang yang telah menyelenggarakan acara Peringatan Hari Wayang Nasional & Dunia 2023 dengan meriah.

“Perayaan Hari Wayang Nasional dan Dunia ini tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten Subang tapi di antara yang lain saya yakin di Subang lah yang paling meriah,” tuturnya.

0 Komentar