Kedai Klabinaria, Kedai Retro Kegemaran Kawula Muda Subang

Kedai Klabinaria, Kedai Retro Kegemaran Kawula Muda Subang
Head Bar Kedai Klabinaria Iqbal saat mempersiapkan pembukaan kedai.
0 Komentar

SUBANG-Masa muda merupakan masa keemasan suatu insan. Seseorang bisa melakukan apa saja yang disukai bersama teman-teman sejawat.

Di Subang terdapat salah satu kedai tempat kawula muda nongkrong dan bersenda gurau. Tempat itu bernama Kedai Klabinaria.

Kedai Klabinaria pertama kali berdiri pada tahun 2019, berada di Jalan Otto Iskandardinata No.257, Karanganyar, Kecamatan Subang. Tempat ini mendapatkan rating 4,7/5 dengan 80 review di Google. Tempatnya yang berada di pusat kota membuat tempat ini mudah ditemui.

Baca Juga:Subang Juara I Tarumpah Panjang dan Juara III Sumpitan Dalam Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Jawa Barat 2023Pemda Subang Akan Lanjutkan Pembangunan Jalan Serangpanjang-Cipeundeuy Subang

Head Bar Kedai Klabinaria, Iqbal mengatakan, sebelumnya Kedai Klabinaria bukanlah di Jalan Otto Iskandardinata.

“Sebelum di sini, Klabinaria awalnya berada di dekat Damkar, di Cigadung. Di sana tempatnya lebih luas. Tetapi, karena dekat dengan komplek kedinasan, jadi pindah,” ucapnya.

Iqbal menjelaskan, sebelumnya Klabinaria bukanlah sebuah kedai, melainkan tempat berkumpulnya para komunitas dan organisasi anak muda yang kreatif dan produktif.

“Makanya sempat disebut alternative space yang menjadi wadah komunitas untuk berkarya. Awalnya kita beli saja grinder kopi untuk bikin kopi dan dikonsumsi bersama, seiring berjalannya waktu ketika kita terus melengkapi peralatan kopi lainnya, akhirnya dibuatlah menjadi coffee shop atau kedai seperti sekarang,” ucapnya.

“Sebelum menjadi bisnis dan memiliki owner seperti sekarang, semua hal yang tersedia di Klabinaria dilakukan secara kolektif. Ngomong-ngomong ownernya yang sekarang juga salah satu founder Klabinaria juga,” imbuhnya.

Klabinaria gemar untuk menggelorakan kawula muda dengan berbagai acara yang menarik, salah satunya adalah karaoke bersama yang biasa diadakan saat akhir pekan.

“Nama kegiatannya KlabKaraoke, kita adakan setiap akhir pekan dan dimulai setelah Isya, seru banget,” ucap Iqbal.

Baca Juga:Habib Umar bin Habib Syeh Asseghaf Akan Hadiri Gebyar Puncak Hari Santri Nasional di SubangKontingen Subang Siap Unjuk Prestasi di Ajang Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat SD se Jawa Barat

Selain itu juga, sebenarnya biasanya sering juga Klabinaria mengadakan acara-acara asyik lainnya. Namun karena keterbatasan ruang tempat, akhirnya acara yang diadakan menjadi cenderung lebih sedikit.

“Banyak sebenarnya kegiatan lainnya seperti live music dari band lokal kita, bahkan sampai ada band yang terbentuk, karena keeksistensian Klabinaria seperti Diskoraga dan Interval. Terus kita juga sempat berfungsi sebagai market place dimana teman-teman bisa belanja pakaian, kemudian kegiatan outing dan lain sebagainya,” ucap Iqbal.

0 Komentar