KPU Purwakarta Dorong Pemda Gratiskan Biaya Pemeriksaan Kesehatan, Bagi 18.851 Calon KPPS

KPU Purwakarta
0 Komentar

PURWAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendorong pemerintah daerah setempat menggratiskan biaya pemeriksaan kesehatan bagi para calon KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara).

“Kami sedang mendorong pemerintah daerah bisa gratiskan (pemeriksaan kesehatan, red). Kalau pun tidak, bisa mengurangi,” kata Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Purwakarta, Oyang Este Binos kepada wartawan, Selasa (12/9).

Menurutnya, biaya pemeriksaan yang dikenakan saat ini di tiap kantor layanan kesehatan kecamatan cukup memberatkan bagi para calon KPPS. Kisarannya Rp50-70 ribu. Hal ini mengingat adanya item pengecekan gula darah dan kolesterol sebagai prasyarat pendaftaran.

Baca Juga:Bangkitkan Semangat, SMAN 1 Subang Menggelar ClassmeetTanam Bibit Pohon Penghasil Bioenergi, Mahasiswa STIE Muttaqien Kolaborasi dengan Masyarakat

“Beberapa calon KPPS memang mengeluhkan biaya pemeriksaan. Tapi masih terus kita koordinasikan. Pengecekan ini juga memang penting karena untuk memastikan petugas KPPS yang dipilih nanti adalah mereka yang dari sisi kesehatan, klir. Beban kerja mereka kan lumayan berat di hari H pemungutan,” ujar Binos.

Diketahui, pendaftaran calon KPPS untuk Pemilu 2024 di Purwakarta dibuka pada 11-20 Desember 2023. KPU Purwakarta membutuhkan sebanyak 18.851 petugas KPPS untuk ditempatkan di 2.693 TPS. Belum ditambah petugas keamanan TPS, masing-masing dua orang atau 5.386 orang se-Kabupaten Purwakarta. Seluruhnya harus memiliki riwayat kesehatan yang baik, jasmani dan rohani,” ucap Binos.(add/sep)

0 Komentar