Lima Hari, 377.122 Kendaraan Melintas Tol Cipali 

Lima Hari, 377.122 Kendaraan Melintas Tol Cipali 
0 Komentar

CIREBON-Astra Tol Cipali sebagai pengelola Operator Jalan Tol Cikopo-Palimanan, mencatat lebih dari 377.122 kendaraan yang bergerak di ruas tol mereka selama periode 18-22 Desember 2023.

Lonjakan lalu lintas ini terjadi sebagai bagian dari momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dilansir dari Antara, Sri Mulyo Kepala Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali, mengungkapkan bahwa pada Jumat (22/12), jumlah kendaraan mencapai lebih dari 100 ribu, meningkat 28,12 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Baca Juga:Kolam Renang Tirta Cihaur Angsana Siap Sambut Wisatawan Saat Libur Sekolah dan Tahun BaruAntisipasi Teror Saat Natal, Polres Karawang Lakukan Penyisiran Gereja 

Dia menjamin bahwa meskipun volume kendaraan terus meningkat, arus lalu lintas di Jalan Tol Cipali tetap lancar.

Untuk mengatasi lonjakan lalu lintas, Astra Tol Cipali bersama kepolisian setempat menerapkan sistem “contraflow” secara parsial di beberapa titik.

Sri Mulyo menjelaskan bahwa langkah ini diambil untuk mengurai kepadatan, dengan “contraflow” diterapkan pada KM 117-132 arah Cirebon pada pukul 10.50 WIB dan KM 162-169 arah Cirebon pada pukul 13.30 WIB, disesuaikan dengan kondisi arus lalu lintas di lapangan.

Dalam imbauannya kepada para pengendara, Sri Mulyo menekankan pentingnya keselamatan dengan mematuhi rambu lalu lintas dan menggunakan aplikasi peta digital untuk memantau posisi kendaraan.

Bagi pengemudi yang telah berkendara selama empat jam, disarankan untuk beristirahat di rest area terdekat atau keluar gerbang tol terdekat untuk mendapatkan istirahat maksimal.

Sebelumnya, Direktur Operasional Astra Tol Cipali Daisy Setiawan menyebutkan, pihaknya memprediksi arus lalulintas Tol Cipali pada Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 naik 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Daisy saat menggelar media gathering di Aula PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) Subang, Kamis (21/12).

Baca Juga:Pemdes Kamojing di Karawang Gelar Hajat Bumi Lestarikan Budaya SundaTridjaya Group Makin Dekat Dengan Masyarakat, Kini Hadir di Cikaum Subang 

Disebutkannya, mengantisipasi kenaikan jumlah kendaraan tersebut pihaknya sudah menyiapkan lajur ketiga. Selain itu, pihaknya juga telah memaksimalkan fasilitas di rest area, di antaranya dengan menambah area parkir.

“Silakan untuk beristirahat sejenak sehingga badan bugar kembali. Untuk pengguna mobil listrik, stasiun pengisian bahan bakar listrik juga sudah bisa ditemukan,” kata Daisy.

Senada disampaikan Kepala Divisi Astra Tol Cipali Sri Mulyo. Disebutkan Sri, pihaknya sudah bekerja sama dengan para regulator juga kepolisian. “Kami siap mengikuti arahan dari kepolisian. Termasuk saat diberlakukan rekayasa lantas, baik one way maupun contra flow,” ujar Sri.

0 Komentar