Satlantas Polres Subang: 832 Kasus Kecelakaan di Subang, Sepanjang Tahun 2023

Satlantas Polres Subang
0 Komentar

SUBANG-Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Subang Polda Jabar mencatat kejadian kecelakaan lalu lintas selama 2023 sebanyak 832 kasus.

Berdasarkan data dari Unit Gakkum Satlantas Polres Subang, kasus kecelakaan lalu lintas di tahun 2023 menewaskan 224 korban jiwa. Sementara jumlah korban luka berat akibat kecelakaan sebanyak 49 orang dan korban luka ringan sebanyak 1.157.

Kanit Laka Lantas Polres Subang, Ipda Endang Sudrajat menyampaikan, berdasarkan jenis kendaraan, keterlibatan kasus kecelakaan tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua.

Baca Juga:Jembatan Sungai Cilamatan Cijambe Ambrol Masih Dilalui Warga, Sudah Jadi Atensi PemdaKayu Menggantung di Atas Pohon Area Alun-alun Subang

“Kecelakaan didominasi kendaraan roda dua dengan jumlah 967 kendaraan, adapun kendaraan roda empat 187 kendaraan dan roda enam 221 kendaraan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kasus kecelakaan biasanya rentan terjadi di wilayah jalur Pantura Subang dengan kejadian 228 laka lantas. Jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu, laka lantas di Subang mengalami kenaikan.

“Tahun ini laka lantas kalau dipersentasekan naik sampai 4,79 persen jika dibandingkan dengan tahun kemarin. Tahun 2022 tercatat 794 kasus laka,” kata Ipda Endang Sudrajat.

Menurutnya, faktor penyebab kecelakaan lalu lintas terjadi akibat karena kelalaian pengendara. Di sisi lain, laka lantas juga terjadi karena pengendara tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Selain itu, lanjutnya, terjadinya kecekalaan tersebut juga diakibatkan karena kurangnya penerangan jalan umum di sepanjang jalur Pantura, dan juga banyaknya jalan yang berlubang.

Guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, Satlantas Polres Subang memberikan himbauan secara langsung dan himbauan melalui media sosial instagram @satlantaspolressubang.

“Kami juga tak lupa memasang spanduk himbauan di sepanjang jalur Pantura, jalur Subang Selatan, dan seluruh jalur di wilayah hukum Polres Subang, serta memberikan himbaun melalui media sosial,” ujarnya.

Baca Juga:KPU Purwakarta Pastikan Hak Pilih Penyandang Disabilitas, Terdapat 3.338 OrangKapolsek Pagaden Imbau Masyarakat Tidak Bakar Petasan, Saat Malam Tahun Baru

Selain itu, Satlantas Polres Subang juga bersinergi dengan Jasaraharja untuk memasang rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalan Pantura, dan rambu-rambu di jalan tol Cipali yang sudah dikoordinasikan dengan Astra Tol Cipali.(cdp/ysp)

0 Komentar