Latihan Menembak, Polres Purwakarta Asah Kemampuan Personel

Polres Purwakarta
0 Komentar

PURWAKARTA-Asah kemapuan personel, Polres Purwakarta, menggelar latihan keterampilan dan kemampuan menembak. Latihan diikuti seluruh personel Polres Purwakarta yang memegang senjata api (senpi).
Kegiatan yang diikuti sebanyak 240 personel itu berlangsung sejak Senin 22 Januari 2024 hingga 26 Januari 2024 di Lapangan Tembak Merah Putih Mapolres Purwakarta. Lapangan ini telah disiapkan dengan fasilitas dan sasaran tembak yang sesuai dengan standar keamanan.

Para peserta latihan diberikan pengarahan dan pembekalan sebelum latihan dimulai. Termasuk tentang teknik menembak yang baik dan prinsip-prinsip keamanan dalam penggunaan senjata api.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain menyampaikan latihan menembak sebagai upaya peningkatan kompetensi anggota Polri khususnya Polres Purwakarta.

Baca Juga:Sekda Ingatkan LPG 3 Kg Harus Tepat Sasaran,Ajak Perangkat Daerah Sosialisasi ke MasyarakatBawaslu Purwakarta: 2.693 PTPS Dilantik, Siap Deteksi Setiap Pelanggaran

Ia menambahkan, latihan untuk memastikan bahwa anggota Polres Purwakarta memiliki kemampuan menembak yang memadai dalam melindungi diri sendiri, rekannya, dan masyarakat saat bertugas. “Pentingnya keahlian menembak dalam melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan penegakan hukum. Seperti menghadapi pelaku kejahatan yang berbahaya atau mengamankan lokasi kejadian,” ucap Edwar, sapaan akrab Kapolres Purwakarta itu, Kamis (24/1).

Dengan meningkatnya keahlian menembak, lanjut Kapolres, diharapkan anggota Polri dapat dengan cepat dan tepat mengambil keputusan yang tepat dalam situasi yang membutuhkan penggunaan senjata api. “Latihan ini juga dimaksudkan untuk meminimalisasi pelanggaran serta kesalahan prosedur penggunaan senpi selama anggota bertugas di lapangan, sehingga dalam menggunakan senpi ini tidak terjadi salah tembak atau kesalahan prosedur lainnya, yang dapat terjadi karena minimnya kemampuan anggota dalam menggunakan senpi,” jelas Edwar.

Sementara, Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM), Kompol H Adi Fauzi mengatakan, kegiatan latihan menembak ini adalah salah satu agenda rutin yang dilakukan Polres Purwakarta. “Kegiatan latihan menembak ini sangat bermanfaat untuk melatih kemahiran anggota dalam menggunakan senjata api yang memiliki tujuan utama menjaga harkamtibmas yang tetap kondusif,” ujar Adi.

Melalui kegiatan tersebut, kata Dia, seluruh peserta diberikan arahan delapan teori menembak yaitu cara berdiri, pegangan, tarikan nafas, kelurusan, Latihan pandangan, gambar bidik, remasan picu, dan tatap fokus. “Seluruh anggota baik perwira ataupun bintara pemegang senpi mengikuti latihan menembak. Harapannya dapat menambah kemampuan dan meminimalisir penyalahgunaan senjata ataupun kesalahan prosedur dalam penggunaan senpi,” ucapnya.(mas/sep)

0 Komentar