Pasokan Air Berkurang Petani Buat Sumur Pantek

Rancatanu Desa Munjul subang
DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES SUMUR PANTEK: Petani blok sawah Rancatanu Desa Munjul saat membuat sumur pantek di sawahnya, Rabu (9/6).
0 Komentar

SUBANG-Sejumlah lahan sawah di Pagaden Barat mulai kekurangan air. Salah satunya di blok sawah Rancatanu Desa Munjul, yang saat ini kondisi petakan sawah kekurangan  air.

Padahal petani saat ini  membutuhkan pasokan air yang cukup, untuk menabur pupuk. Bila kurang air pupuk akan habis oleh angin dan tidak terserap tanaman padi.

Atim petani setempat mengakui sawahnya kekurangan air. Oleh karenanya dia berinisiatif membuat sumur pantek, untuk mengairi sawahnya yang luasnya sekitar satu bau atau sekitar 400 tumbak.

Baca Juga:Kodim 0619 Dukung Penuh Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berskala MikroTahap 8Dinas Kelautan dan Perikanan Karawang Wujudkan Daerah Kampung Ikan

“Ya terpaksa kita buat sumur pantek, pasokan dari irigasi airnya kurang, kecuali ada hujan, air bisa bertambah banyak,” kata Atim.

Sebenarnya, ada saluran air yang mengalir ke sawahnya itu yang bersumber dari Leuwi Nangka tidak mengalir ke petak sawahnya, debit airnya berkurang tidak sebanding dengan luasan area pesawahan di Desa Munjul.

Apalagi kondisi tanaman padi saat ini sedang sangat butuh air, karena masuk tahapan tabur pupuk dan pemeliharaan tanaman padi dari gulma.

“Ya kalau lagi tahap pemupukan sangat butuh air, agar padi tumbuh normal,” tuturnya.

Dia pun meminta kepada pihak mitra cai atau P3A agar memperhatikan dan memenuhi kebutuhan air petani.(dan/ysp)

 

0 Komentar