oleh

Catat! Hal yang Disunahkan saat Berpuasa, Jangan Dilewatkan

Ramadhan – Umat muslim di penjuru dunia sedang melakukan ibadah puasa Ramadan 2022. Pada Senin (4/4), merupakan hari kedua puasa bagi sebagian besar umat muslim yang berada di Indonesia.

Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib bagi setiap muslim yang sudah baligh dan berakal. Sebagai sebuah ibadah wajib, maka ada sejumlah hal yang disunahkan saat berpuasa Ramadan.

Catat! Hal yang Disunahkan saat Berpuasa

Pada Kitab Fathul Qorib karya Syekh Al Allamah Muhammad bin Qasim Al Ghazi menyebutkan 3 hal yang disunahkan itu.

Menyegerakan Berbuka Puasa

Saat tiba waktu berbuka puasa, umat muslim disunahkan untuk segera melakukannya. Orang yang puasa disarankan berbuka terlebih dahulu dengan kurma.

“Ada tiga perkara yang termasuk akhlak para rasul: Menyegerakan buka puasa, mengakhirkan sahur, dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri dalam salat.”

Hal serupa juga diriwayatkan oleh Ahmad dari Abu Dzar RA, “Umatku akan baik-baik saja selama mereka menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan sahur.”

Mengakhirkan Makan Sahur

Makan sahur telah disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Disarankan, ibadah ini dilakukan di akhir waktu selama belum tiba waktu imsak yang berjarak 10 menit dari azan salat Subuh.

Sebaik-baik makan sahur adalah di penghujung waktu. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu sebagai berikut :

بَكِّرُوْا بِالإفْطَارِ، وَأَخِّرُوْا السَّحُوْرَ

Artinya: “Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur.”

Meninggalkan Ucapan Buruk 

Seseorang yang melaksanakan puasa hendaknya bisa menjaga diri dari ucapan yang buruk, seperti membicarakan kejelekan orang lain maupun mengolok-olok.

Seandainya umat muslim yang sedang berpuasa mendapatkan perlakuan demikian, maka disunahkan mengatakan, “Sungguh aku ini adalah orang yang sedang berpuasa.”

Allah SWT berfirman: “Tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mengadakan di antara manusia. Barangsiapa berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar.” (Q.S. an-Nisaa : 114).

“Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.” (H.R. al-Bukhari).

(jpnn/yni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.