Makanan Khas Kudus yang Menjadi Primadona Saat Berbuka Puasa

Makanan Khas Kudus yang Menjadi Primadona Saat Berbuka Puasa
Makanan Khas Kudus yang Menjadi Primadona Saat Berbuka Puasa. Foto : turisian.com
0 Komentar

Food & Traveling – Ada banyak aneka ragam menu buka puasa yang patut dicoba saat kamu berkunjung ke Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Salah satunya adalah getuk nyimut yang sudah lama jadi makanan khas warga lokal.

Getuk nyimut sampai satai kerbau menjadi primadona buka puasa di daerah setempat bagi para pemburu takjil. Di Kabupaten Kudus pun warganya cukup ramai untuk mendapatkan atau membuat kudapan khas berbuka puasa.

Yuli, salah satu penjual menu buka puasa di Alun-alun Kudus, mengatakan saat Ramadan 2022 lebih banyak warga yang  memilih mencari makanan atau minuman siap santap, dibandingkan harus membuat sendiri.

Baca Juga:Catat! Hal yang Disunahkan saat Berpuasa, Jangan DilewatkanKeistimewaan Shalat Tarawih Pada Bulan Ramadhan, Dari Malam Pertama sampai Malam Terakhir

“Selain banyak pilihan, mereka tidak perlu repot-repot membuat di rumah yang dimungkinkan kebutuhannya tidak banyak sehingga lebih efektif membeli yang sudah tersedia,” ujarnya, Minggu (3/4).

Penganan khas Kudus yang dapat dijadikan menu buka puasa yang sedang laris adalah getuk nyimut.

Makanan ini berasal dari bahan dasar singkong yang bisa menjadi pelengkap hidangan buka bersama masakan khas Kudus lainnya, seperti soto kerbau atau soto ayam, satai kerbau hingga lentog.

Sedangkan minumannya terdapat wedang blung yang juga khas Kota Kudus serta kolak pisang yang tentunya sudah dikenal banyak masyarakat.

Masyarakat yang ingin menikmati getuk nyimut dengan berbagai varian rasa mulai dari rasa original, gula aren, cokelat dan keju tidak perlu mencari ke luar rumah karena bisa dibeli secara online.

Untuk yang ingin membeli secara langsung dapat datang ke kawasan Pegunungan Muria di sepanjang Jalan Kudus-Colo terdapat warung yang menjual menu khas Kudus tersebut.

Arfin Am, salah satu penjual getuk nyimut, menyatakan untuk menyambut Ramadan dirinya menambah varian baru, yakni jeruk orange dan mint.

Baca Juga:Ramadhan Datang, Begini Buka Puasa Ala NabiTerbaru, Peraturan Perjalanan Mudik di Dalam Negeri

“Getuk nyimut memang menjadi takjil buka puasa masyarakat Kudus bahkan sering dijadikan makanan pendamping saat tadarusan,” paparnya.

Asal-Usel Getuk Nyimut

Getuk adalah salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal pada masa lampau. Saat masa penjajahan, orang jawa dikenal dengan makanan getuknya.

Getuk Nyimut adalah makanan yang berbahan dasar singkong kemudian diolah. Makanan ini berasal dari daerah Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus. Dinamakan Getuk Nyimuk diprediksi karena ukurannya yang kecil. (jpnn/yni)

0 Komentar