Tips Agar Tidak Lesu dan Mudah Ngantuk Saat Puasa

Tips Agar Tidak Lesu dan Mudah Ngantuk Saat Puasa
Tips Agar Tidak Lesu dan Mudah Ngantuk Saat Ramadhan. Foto : pixabay
0 Komentar

Health – Mayoritas orang yang sedang berpuasa akan mudah merasa lelah, akibatnya membuat mereka gampang sekali ingin tertidur.

Saat berpuasa bukan berarti kamu harus terlihat lesu dan mengantuk. Merasa lesu saat bekerja atau beraktifitas akan membuat kamu tidak nyaman dan menghambat pekerjaan untuk selesai.

Berikut tips agar tidak mudah lemas dan ngantuk saat menjalankan puasa Ramadhan, seperti dilansir laman Arab Weather.

Baca Juga:Anti Ribet, Intip Menu Sahur Anak Kost Tanpa Perlu DimasakApa Hukum Menyikat Gigi Saat Berpuasa? Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Tips Agar Tidak Lesu dan Mudah Ngantuk Saat Ramadhan

Jangan Lewatkan Sahur

Sahur adalah jam makan yang paling penting sebelum melakukan puasa seharian. Saat sahur, tubuh akan mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkan.

Jika kamu melewatkan sahur, tentu tubuh akan merasa lemas dan akhirnya mengantuk karena tidak mendapatkan air, vitamin, karbohidrat dan yang lainnya.

Tidur Siang sebentar Jika Perlu

Meskipun dianjurkan untuk tidur siang namun disarankan untuk tidak terlalu lama. Jika kamu tidur siang terlalu lama akan menyebabkan tubuh menjadi lesu dan tidak produktif. Tidur siang disarankan hanya 20 menit.

Hindari Terik Matahari dan Minum yang Cukup

Mereka yang berpuasa Ramadan sangat disarankan menghindari teriknya matahari, agar tidak dehidrasi dan menyebabkan lesu.

Selain minum air putih yang cukup saat sahur, meminum air putih yang cukup saat berbuka juga sama pentingnya. Jauhi kopi, teh, dan soft drink saat saur, karena beberapa jenis minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Hindari Sahur Dalam Jumlah Banyak

Makan sahur yang terlalu banyak tidak akan memberikan energi, justru dapat mengganggu aktifitas kamu. Masalah seperti lesu, sakit perut, dan gangguan gastrointestinal adalah beberapa yang dapat disebabkannya.

Olahraga Kecil

Baca Juga:Rekomendasi OOTD Hijab untuk Buka Puasa Bersama TemanMakanan Khas Kudus yang Menjadi Primadona Saat Berbuka Puasa

Cukup lakukan olahraga yang ringan, sedikit berolahraga dapat menghindari rasa kantuk yang tidak diundang.

Menurut dr. Daniel Bramantyo dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, makanan seperti nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan lainnya yang masuk dalam karbohidrat kompleks adalah yang disarankan.

Makanan kaya protein dan lemak juga tidak kalah pentingnya. Hal ini untuk mencegah tubuh terasa lemas dan lesu di siang harinya.

0 Komentar