oleh

Kolonel Inf. Agus Sasmita Jabat Danpuslitpassus Kopassus

BANDUNG BARAT-Kol. Inf. Agus Sasmita resmi menjadi Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus. Kolonel Agus menggantikan Komandan lama, Brigjen TNI Thevi A Zebua yang kini dipercaya menjabat jadi Waaslat Kasad Bid Kermamil.

Kolonel Inf. Agus Sasmita, sebelumnya menduduki jabatan Paban V/Inteltek Sintelad ini, bukan orang baru di lingkungan Pusdiklatpassus. Pada tahun 2016-2017, Agus Sasmita pernah menjabat sebagai Komandan Pusdikpassus yang sekarang berganti nama Pusdiklatpassus.

Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pusdiklatpassus Kopassus tersebut dilaksanakan di Lapang hitam Kesatrian Idjon djambi Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (19/4).

Upacara Sertijab dipimpin Danjen Kopasssus Brigjen TNI Iwan Setiawan. Seperti diketahui, Brigjen TNI Iwan Setiawan juga masih terbilang baru menjabat Danjen Kopassus, menggantikan Mayjen TNI Widi Prasetijono, yang kini menduduki jabatan Panglima Kodam IV Dipenogoro.

Dalam sambutannya, Brigjen TNI Iwan Setiawan menyatakan, kegiatan sertijab tersebut merupakan rangkaian dari prosesi tour of duty dan tour of area di lingkungan Kopassus, sebagai konsekuensi logis dari tuntutan kebutuhan organisasi.

“Sekaligus merupakan upaya penyelenggaraan dalam rangka pembinaan personil sebagai bagian dari pembinaan satuan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, Pusdiklatpassus merupakan salah satu satuan di jajaran Kopassus yang menyelenggarakan pendidikan dan latihan bagi prajurit Kopassus. Termasuk diantaranya, Raider, Para dasar, dan pendidikan lain yang diikuti oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Darat.

Kopassus mempunyai peran penting dalam menciptakan postur dan mental prajurit komando yang akan bertugas di satuan-satuan operasional jajaran Kopassus.

“Tentunya untuk mencapai itu semua diperlukan kreativitas, inovasi Danpusdik, Para Danse sampai dengan pelatih,” ucapnya lagi.

Mereka inilah yang langsung bersentuhan dengan peserta didik untuk terus mengembangkan metode pendidikan yang mampu menjawab tuntutan tugas dimasa mendatang.

Menurut Iwan, pergantian personel di tubuh Kopassus dalam upaya menemukan kreativitas dan inovasi yang baru dari seorang komandan satuan. Selain itu, untuk menciptakan prajurit komando yang militan dan profesional.

Pada kesempatan tersebut, Danjen Kopassus menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Brigjen TNI Thevi A Zebua serta istrinya yang akan melanjutkan pengabdian di luar Satuan Kopassus.

“Pada kesempatan yang baik ini selaku Komandan Jendral Komando pasukan khusus dan atas nama pribadi, saya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan atas ketekunan pengorbanan dan semua pengabdiannya selama bertugas di satuan Kopassus,” ungkapnya.

Iwan juga ucapkan selamat kepada Kol. Inf. Agus Sasmita. Diharapkan Kol Inf Agus Sasmita dapat bekerja dengan lebih baik lagi sesuai dengan bidang tugasnya sebagaimana yang diharapkan satuan.

“Dengan berbekal pengalaman dan dilandasi semangat pengabdian kepada korp, saya yakin akan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.(sep)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.