Mengapa Hari Raya Idul Fitri Identik dengan Baju Baru? Ini Alasannya

Mengapa Hari Raya Idul Fitri Identik dengan Baju Baru? Ini Alasannya
0 Komentar

RAMADHAN-Umat Islam akan segera menyambut datangya Hari Raya Idul Fitri. Kurang lengkap rasanya jika tidak mengenakan baju baru dalak merayakan hari kemenangan tersebut.

Membeli baju baru saat lebaran seakan telah menjadi tradisi yang turun temurun sejak dulu. Bahkan beberapa orang rela berdesak-desakan untuk mendapatkan baju baru yang mereka inginkan.

Tak jarang, mereka juga telah menyiapkan jauh-jauh hari sebelum perayaan Idul Fitri tiba.

Baca Juga:Sidang Isbat Hari Raya Idul Fitri 2022, Ini Info Lengkapnya5 Camilan Enak dan Praktis untuk Bekal Mudik

Fenomena ini akan semakin terlihat jelas ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kita akan banyak menjumpai pasar, mall atau toko baju yang dipenuhi oleh pengunjung.

Maka tak heran, jika sebagain besar pedagang baju akan mendapatkan keuntungan yang begitu besar ketika Lebaran tiba.

Melihat kebiasaan masyarakat ketika menjelang Idul Fitri. Muncul pertanyaan mengapa Hari Raya Idul Fitri Identik dengan baju baru?

Ternyata usut punya usut, pemakaian baju baru di hari Lebaran. Dalam sebuah hadist disebutkan Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk mengenakan pakaian terbaiknya saat Lebaran tiba.

“Diriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali RA, ia berkata, ‘Rasulullah SAW telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakain terbaik yang kami temukan.” (HR AL-Baihaqi dan Al-Hakim).

Kemudian, ada pula hadist yang menceritakan sahabat Ibnu Umar RA soal mengaoa umat muslim memakai baju baru saat Lebaran tiba.

“Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar RA memakai baju terbaiknya di dua hari raya.” (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Abid Dunya dengan sanad shahih).

Baca Juga:Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik LebaranTips Menjaga Kesehatan Selama Mudik

Baju terbaik di sini dimaksudkan sebagai baju baru. Sebagaimana dijelaskan pakar fiqih Maliki Syekh Ahmad bin Ghunaim An-Nafawi. “Yang dimaksud dengan ‘baju baik’ (yang disunahkan) dalam hari raya adalah baju baru, meskipun berwarna hitam.” (Ahmad bi Ghunaim An-Nafawi’, Al-Fawakihud Dawani.

Selain itu, mengenakan baju baru saat Hari Raya Idul Fitri juga mempunyai makna tersendiri bagi unat muslim.

Pertama, sebagai wujud syukur ats segala nikmat yang telah Allah berikan. Kedua, untuk mengagungkan hari raya. Ketiga, untuk mengagungkan malaikat yang hadir di sekeliling manusia pada hari raya.

0 Komentar