Ciasem Ibukota Kabupaten Subang Utara, Pemkab Bangun Rumdin Rp3 M di Sukasari

Ciasem Ibukota Kabupaten Subang Utara, Pemkab Bangun Rumdin Rp3 M di Sukasari
INDRAWAN SETIADI/PASUNDAN EKSPRES MUSYAWARAH: Perwakilan BPD dari 14 kecamatan mengikuti musyawarah Pemekaran Kabupaten Subang, untuk menyepakati Nama Kabupaten baru dan ibukotanya serta batas wilayah.
0 Komentar

SUBANG-Pemerintah Kabupaten Subang terus berproses membahas pemekaran Kabupaten Subang. Terbaru, pembahasan Pemekaran Kabupaten Subang, telah sampai ke tahap perumusan nama Kabupaten dan ibu kota serta batas wilayah.

Perwakilan BPD dari 14 Kecamatan, bersama Forum Pemekaran Pantura Subang dan Apdesi, yang dipimpin langsung Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Kabupaten Subang, akhirnya menyepakati nama Kabupaten Pemekaran dari Kabupaten Subang adalah Kabupaten Subang Utara dengan Ibu kota Ciasem.

Menurut Asda 1 Rahmat Effendi, musyawarah desa (musdes) 104 desa persiapan Kabupaten Subang Utara sudah berjalan cukup. Kesepakatan antara Pemda Subang dengan FP2S untuk batas wilayah adalah Sungai Tarum Timur.

Baca Juga:Smakot Isi Perayaan Tahun Baru Islam dengan Santunan Anak Yatim dan DhuafaGuru dan Siswa PKL SMK PGRI Subang Terlindungi Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja

“Dari 104 desa melalui musdes setuju terbentuknya Kabupaten Subang Utara. Awalnya nama kabupaten dan ibu kota, ada yang berbeda. Tapi, saat diusulkan kepada Mendagri, nama kabupaten dan ibu kota harus seragam,” ujar Rahmat Effendi.

Maka dari itu, lanjut Rahmat, akan dilakukan musdes ulang. Pihaknya melakukan pra musdes untuk kesamaan batas wilayah, nama kabupaten dan ibu kota kabupaten yang baru.

“Batas wilayah di Sungai Tarum Timur ke arah utara, sementara nama kabupaten adalah Kabupaten Subang Utara, dan ibu kotanya adalah Ciasem,” ucap Rahmat.

Sementara itu, Ketua FP2S Sudi Hartono mengatakan, sudah ada kesepakatan bersama untuk mengisi poin-poin yang harus diisi di dalam surat keputusan bersama antara Bupati Subang dengan DPRD Kabupaten Subang.

“Dalam musyawarah tadi untuk batas wilayah Sungai Tarum Timur, letak ibu kota kabupaten di Kecamatan Ciasem, serta nama kabupaten baru yakni Subang Utara,” ucap Sudi.

Dikatakan Sudi, langkah selanjutnya pemenuhan administrasi, yang mana desa-desa yang ada di wilayah Subang Utara akan melakukan musdes kembali, mengacu pada hasil keputusan musyawarah hari ini.

“Minggu depan akan dilakukan musdes serentak di 104 desa secara zoom, untuk menyepakati hasil musyawarah hari ini dan dituangkan dalam berita acara di desa masing-masing,”katanya

Baca Juga:Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Mahasiswa KKN UGM Kolaborasi dalam Kegiatan Bazar UMKM Di Desa WantilanHotman Paris Sebut Tidak Ditemukan Unsur Pidana oleh JNE Soal Dugaan Penimbunan Bansos Presiden 

Sementara itu, Ketua Apdesi Kabupaten Subang H. Lili Rusnali mengatakan, telah disetujui nama kabupatennya Subang Utara, lokasi ibu kota di Kecamatan Ciasem.

0 Komentar